Mengenal Sunburn, 'Penyakit Langka' Speedo Digital

LCD BLANK. Bisa disebabkan sunburn.

Namanya buatan manusia, tiada yang sempurna. Satu contoh, speedometer digital yang kian lazim dipakai di motor-motor generasi terbaru, menggantikan speedometer analog. Rupanya, speedometer digital ini punya 'penyakit' bawaan, namun langka yakni tidak tahan panas yang berujung speedo error, blank atau rusak. Biasa disebut Sunburn. Apa itu sunburn speedometer?



Seperti namanya, sunburn bisa diartikan sebagai terbakar matahari atau kena panas. Sunburn Speedometer, berarti speedometer yang terkena panas matahari berlebihan yang kemudian berujung kegagalan fungsi/error atau rusak. Nah benarkah, sinar matahari bisa merusak speedometer digital ini?

 

TANDA-TANDA SUNBURN. LCD tidak menampilkan angka atau grafis apapun.



Bisa ya, bisa nggak, tergantung berapa lama motor kamu terkena sinar matahari. Jika diparkir tidak terlalu lama, tentu speedometer tidak akan bermasalah. Tetapi jika motor kamu di parkir di area terik dan terbuka dalam waktu cukup lama, atau mungkin berhari-hari,  apalagi kalo sampai berembun, bisa jadi akan membuat komponen speedometer digital terutama LCD menjadi rusak.

 


PENYEBAB SUNBURN SPEEDOMETER

 

AWAS JANGAN SAMPAI BEREMBUN. Akibatnya bisa merusak panel speedo.



Ciri khas atau tanda-tanda awal terjadinya sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apapun yang ditampilkan secara digital di panel speedometer, baik sebagian ataupun blank total.  Ini bisa disebabkan lapisan polarizer di filter LCD speedometer digital itu terbakar karena overheat. Sehingga kemudian nggak bisa menampilkan segala sesuatu secara digital pada layar panelnya.

 

LCD sendiri terdiri dari beberapa lapisan, namun bisa dipetakan dalam empat lapisan besar, yakni backlight (sumber sinar), lapisan polarizer bawah (filter bawah), crystal dan polarizer atas (filter atas). Kerusakan bisa saja di satu lapisan, atau bahkan semua lapisan.

 


HARGA FILTER POLARIZER

 

KERUSAKAN FILTER LCD. Perbaikan dan penggantian harus hati-hati.



Jika polarizer pada filter LCD rusak, disarankan nggak menggantinya secara manual karena butuh keahlian khusus. Apalagi jika motor kamu full digital speedometer, atau yang ukuran panelnya lebar seperti punya New Aerox yang lebarnya 5,8 inchi, tentu bagian-bagian polarizernya lebih kompleks. Jika motor kamu masih garansi pabrik, bisa langsung ke dealer untuk dicek dan diperbaiki.



Harga filter polarizer baru setiap motor berbeda-beda, tergantung besar kecilnya ukuran panel layar dan komponen pendukungnya. Namun rata-rata, harga filter polarizer baru +/- sekitar Rp1 jutaan. Meski begitu, nggak usah bingung sob, karena cukup banyak gerai atau ahli spesialis speedometer ini, dengan ongkos yang terjangkau.

 



TIPS ATASI SUNBURN SPEEDO DIGITAL

 

FULL SPEEDOMETER DIGITAL. Butuh perhatian khusus.



Emang sih, nggak ada cara teknis tertentu soal sunburn speedometer ini. Tetapi, paling tidak cara teraman dan satu-satunya adalah dengan tidak meletakkan motor yang pakai speedometer digital di bawah sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama. Apabila terpaksa harus diletakkan di bawah sinar matahari, maka gunakan penutup agar tidak secara langsung terkena paparan panas.

 

Untuk perawatan, sering juga cek kondisi dan kebersihan panel, terutama display luarnya, dan kalo perlu dicek secara berkala di bagian dalam atau sambungan dan soketnya. Sebab kadang juga terjadi kerusakan akibat hal lain, termasuk konslet ataupun kabel kendor/copot atau putus.

 


naskah/foto : punk