2022 SRK 400, Naked Roadster Dua Silinder Terbaru Keluaran QJ Motor

QJ MOTOR SRK 400. Fighter berjantung dua silinder.

Buat bikers penyuka naked bike bergaya petarung jalanan, model SRK 400 buatan QJ Motor ini mungkin bisa jadi pilihan. Tidak hanya tampang luarnya yang kece badai, sporty dan terkesan jantan, SRK 400 ini juga ditunjang sejumlah fitur istimewa, terutama dapur pacunya.




Mulai dipajang di event pameran EICMA Milan 2021 bulan November lalu, QJ Motor sejatinya punya banyak line up andalan dengan beberapa varian. Namun, yang bergenre sport roadster atau naked dikeluarkan dalam rentang 400, 600 dan 700cc.

 

 

TAMPANG. Gaya khas ala Benelli.

 

Dari tampang luarnya, SRK 400 mengandalkan pakem naked roadster. Dan memang nyrempet gaya moge Italia karena basisnya hampir sama dengan Benelli. Bisa juga disandingkan gayanya dengan produk naked Kawak macam Z series, namun secara detail SRK 400 ini rupanya cukup berbeda.

 

 

DASHBOARD. Panel spedo sudah pakai full TFT digital.




Di sisi depan, terlihat sporty dan agresif dengan batok depan ala alien berlampu dobel. Desain tangki ala punuk tinggi, plus menyatu shroud terkesan ringkas hingga belakang yang super tinggi. Seperti trend naked modern, spatbor tidak menyatu buritan tetapi digandengkan ke swingarm.

 

 

KEDOK DEPAN. Tampilan sporty dan agresif.



Diset sebagai mode menengah, dapur pacu SRK400 ini juga lumayan garang. Di balik rangka trellis-nya, terbenam mesin dobel silinder segaris DOHC 8 katub dengan kapasitas 400cc. Ditunjang diameter langkah 70,5 x 51,2mm, mesin yang disokong EFI ini bisa mengeluarkan tenaga 30,5 kW di putaran mesin 9000 rpm dan torsi maksimal 37 Nm @7500 rpm. Lumayan mantab, apalagi suaranya keluar dari knalpot kolong.

 

 

DAPUR PACU. Mesin 2 silinder segaris kapasitas 400cc.




Salah satu keistimewaan QJ Motor SRK 400 ini tidak hanya dari tampang jubah luarnya yang sporty, kekar dan agresif, tetapi dengan performa kaki-kaki yang luar biasa kokoh. Suspensi depannya menggunakan tipe up side down 110mm, mumpuni untuk meredam goncangan dan stabilitas sisi depan. Sedangkan suspensi belakang ditopang swingarm tubular dengan monosok tidur 50mm.

 

 

KAKI-KAKI. Kekar dengan monosok tidur.




Untuk roda-rodanya, menganut dimensi 17 inchi dengan ukuran 110/70 dan 140/70 yang mana keduanya sudah dibekap dengan pengereman ABS lewat dobel disc 260mm di bagian depan dan single disc 240mm di roda belakang.

 

 

SPEK RODA DEPAN. Up side down dikombo dobel disc brake.




Secara dimensi, SRK 400 ini juga tidak terlalu bongsor, berbobot kosong 186 kg dengan kapasitas tangki 13,5 liter. Dengan tinggi jok sekitar 800mm, juga cocok untuk pengendara berpostur mungil sekalipun. Apalagi, konfigurasi setang, seat dan pijakan kaki juga pas, dan nyaman untuk pengendaraan jarak dekat maupun jauh.





naskah/foto : Agus@jepunk_ototrend