2020 MV AGUSTA SUPERVELOCE 800 : Sporty Modern Klasik Yang Semakin Eksotik

SUPERVELOCE 800. Kini direvisi total dari sisi engine dan tampang.

Setelah beragam teaser foto dan pengumuman produksi sejak November tahun lalu, sisi teknis dan tampang lengkap MV Agusta Superveloce 800 akhirnya resmi dikeluarkan oleh MV Agusta. Moge bermesin 3 silinder ini pun dikelluarkan dalam dua varian spesial.

 

LAMPU DEPAN. Desain membulat.



Dari sisi dapur pacu, MV Agusta Superveloce 800 sebasis dengan F3 Sport, yakni menggunakan engine 3 silinder 799cc yang dilengkapi klep titanium 12 buah. Daya yang dihasilkan 148 hp di revolusi mesin 13 ribu rpm, dan torsinya mencapai 88 Nm di 10,600 rpm. Nah, kalo dipasangi optional race kit, termasuk knalpot racing, dayanya bisa meledak di angka 153 hp saat mesin berputar 13.250 rpm.

 

 

DASHBOARD. Fully digital display.



Engine mapping varian ini memang sudah direvisi, sehingga outputnya semakin fleksibel dan respon gasnya lebih terasa. Fitur elektronik standar moge pun cukup lengkap, termasuk mode kendara yang terdiri dari empat mode, yakni Sport, Race Rain, dan Custom Race Mode. Sudah dilengkapi girboks elektronik MV EAS 2.0 plus kontrol traksi 8 level.

 

 

VARIAN SERIE ORO. Super lengkap dengan fairing fiber karbon.




Dari sisi kaki-kaki, Superveloce berspek tinggi, yang mana suspensi fully-adjustable sudah jadi part standar, yakni sok up side down 43mm buatan Marzocchi plus monosok dari Sachs. Selain itu, dilengkapi rem standar Brembo 320mm dengan twin kaliper piston di roda depan, dan 220mm disc + kaliper dua piston di sisi belakang. Yang spesial, ada tambahan sistem Bosch ABS 9 Plus dengan race mode sebagai perangkat standar, dan fitur Rear wheel Lift-Up Mitigation atau RLM yang akan menghentikan nosing saat hard braking.

 

 

SIAP DIPACU. Engine semakin menyalak dengan tambahan optional racing kit.




MV Agusta Superveloce 800 ini dikeluarkan dalam dua varian, yakni standar dan premium atau Serie Oro. Harganya 19.900 Euro untuk spek standar dan 24.190 Euro untuk Series Oro. Perbedaan spek standar dan Serie Oro adalah part premiumnya, seperti fairing fiber karbon, fuel filler cap CNC dengan lapisan kulit, knalpot Arrow dan pelek Serie Pro. Yang pasti, secara desain Superveloce ini tetap bergaya sport modern klasik, dari tampang lampu depan-belakang LED serba bulat.

 

 

PELEK SERIE PRO. Hanya ada di varian MV Agusta Superveloce Serie Oro.





naskah/foto : punk/mv agusta