Toyota GR Corolla, GR Pure Lineup Bermesin Galak, Sanggup Semburkan Tenaga 300 PS

Toyota Indonesia akhirnya merilis varian Gazoo Racing ke-4 di Indonesia dalam rupa Toyota GR Corolla, yang kembali dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 ini.

 

Melengkapi barisan Pure Sport GR sebelumnya yang sudah ada yakni GR Supra, GR Yaris, dan GR86, Toyota GR Corolla yang diimpor CBU dari Jepang ini mengandalkan mesin turbo G16E-GTS, sama seperti yang ditanam ke GR Yaris tetapi punya performa yang lebih mumpuni.

 

Sentuhan engineer TOYOTA GAZOO Racing (TGR), membuat unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini menyemburkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm.

 

Sebagai gambaran, mesin GR Yaris ‘hanya’ memproduksi tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm. Hasilnya, GR Corolla mencatat akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik dan top speed dibatasi pada 230 km/jam. Tersedia pilihan driving mode Normal, Eco, dan Sport yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi.

 

Fitur-fitur yang dibenamkan ke GR Corolla ini juga terbilang komplit, termasuk Toyota Safety Sense yang diantaranya terdiri dari active safety feature Toyota Safety Sense (TSS), seat belt untuk 5 bangku, rem ABS+EBD+BA with Emergency Brake Signal, 6 airbags (D+P+Front Side+CSA+Knee), ISOFIX, dan Immobilizer. Fitur Hill Start Assist (HAS) dan Vehicle Stability Control (VSC) dan Parkirng sensor sebagai standar.

 

Toyota sendiri sudah membuka kran pemesan GR Corolla ini, dengan harga jual diperkirakan di angka Rp 1,3 miliar OTR Jakarta. Sebelumnya, Toyota GR Corolla ini juga sempat diperkenalkan di IIMS 2023 lalu, namun hanya display dan masih belum dijual secara resmi.

 

 

editor/foto : punk/tim

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER