Menjajal Ketangguhan KIA Sonet 7-Seater, Uji Fitur Canggih Sesuaikan Kondisi Berkendara

TEST DRIVE KIA SONET 7-SEATER. Memaksimalkan performa dan kenyamanannya.

Menjadi salah satu SUV terbaru yang diluncurkan oleh KIA awal April lalu, KIA Sonet 7-seater mendapatkan animo yang cukup bagus dari konsumen, mengingat varian ini punya banyak mengunggulkan sisi fitur dan kenyamanannya.



Difasilitasi oleh PT. Kreta Indo Artha (KIA) sebagai apm KIA di Indonesia lewat dealer KIA Sidoarjo, Ototrend pun berkesempatan menjajal ketangguhan dan kenyamanan Sport Utility Vehicles (SUV) ini dengan test drive langsung di berbagai kondisi jalan, hari ini, 24 April 2021. "Sekaligus kami ingin menunjukkan bahwa produk KIA terbaru ini memang berkualitas dengan keunggulan fitur-fitur yang ada di dalamnya," buka Johannes Cahyo Yuwono, kacab KIA Sidoarjo.

 

 

JOHANNES CAHYO YUWONO, KACAB KIA SIDOARJO. KIA Sonet mendapatkan animo cukup baik di Sidoarjo.



Test drive kali ini, menggunakan varian KIA Sonet Premiere, salah satu unit Sonet tipe tertinggi atau yang dibekali fitur paling komplit, dengan berbandrol Rp 308 jutaan on the road Surabaya. Tentu yang pertama kala dirasakan kala mengendarai KIA Sonet adalah kenyamanan duduk, yang mana  joknya berlapis kulit sintetis dan sip nya di bagian kedua kursi depan ditanam ventilasi udara.



Kala kebanyakan pengemudi pasti merasakan sumuk dan gerah di bagian pinggang akibat terlalu lama nyandar di jok, namun hal ini tidak berlaku pada KIA Sonet, sebab 2 kursi depan pada tipe Premiere disematkan ventilasi yang bisa diatur derajat suhunya.

 

 

KETIKA MELEWATI JALAN MAKADAM. Bisa mengaktifkan traction control.



Soal suspensi, kami pun sempat menjajal dijalan makadam dan bergelombang meski hanya beberapa kilometer. Dikawal suspensi depan Macpherson Strut dan Coupled Tprsion Beam  Axie terasa smooth melibas jalan bergelombang.  Terlebih dengan profil ban tinggi 215/60 pelek almu ring 16 yang pasti lebih memininalisir hentakan suspensi.

 

 

LAYAR DISPLAY BERKENDARA. Disemat berbagai pilihan fitur.



Pilihan traction control bisa kita pilih baik dijalan pasir atau kerikil, berlumpur bahkan bersalju. Mode berkendara pun  mudah kita seting lewat tombol di display. Kita bisa pakai  jenis Eco dan Normal yang lebih hemat bahan bakar atau sport bagi yang ingin berkendara lebih ngebut. Untuk layar kita bisa seting stand by dengan posisi camera belakang menyala.



Pada tampilan speedometer kita bisa melihat berbagai fitur dan mode yang bisa kita atur. Salah satu yang menarik yaitu Tyre Pressure system, kontrol tekanan 4 ban ketika berkendara. Hal ini sangat berguna bagi kita yang malas memperhatikan tekanan ban secara langsung sebab cukup dipantau lewat spedoometer.

 

 

SPEEDOMETER. Bisa juga memantau tekanan ban secara instan.



Oiya,  KIA Sonet 7-Seater mengaplikasi mesin Smartstream, Gamma II, DOHC dual CVVT Dual Fuel Injector berkapasitas 1500 cc yang memiliki power maksimum mencapai 115 PS pada 6300 rpm. Sedang torsi diangka 144 NM pada 4500 rpm. Sipnya transmisi intelligent VT matic 8 virtual gear yang bisa dimode manual cukup dengan menggeser kekanan tuas persneling dan maju mundur untuk menambah atau mengurangi  persneling.

 

 

KIA SONET TERBARU. SUV andalan KIA yang valueable untuk dipinang.



Sekedar info, dealer KIA Sidoarjo merupakan dealer 3S yang berlokasi di jl. Jenggala 12A Sidoarjo.  Secara resmi menjadi KIA Sidoarjo sejak Januari 2021 silam. Sebagai dealer 3S pastinya pelayanan Penjualan, Spare part dan service bisa dilakukan di dealer ini. Pastinya untuk mengakomodir pencinta KIA baik untuk pembelian maupun keperluan lain.  “Untuk jenis KIA Sonet 7-Seater di dealer KIA Sidoarjo barang ready berbagai tipe. Kebanyakan penikmat mobil ini yakni pencinta KIA yang suka akan kesempurnaan bahkan dalam hal terkecil sekalipun," tambah Cahyo.

 

 


Naskah dan foto : Nanda