Test Ride All New Honda PCX160, Tarikan Lebih Responsif, Nyaman Buat Manuver

TEST RIDER ALL NEW PCX160. Uji langsung kemampuan produk terbaru Honda.

Menjadi produk terbaru skutik premium pabrikan Honda, All New Honda PCX 160 memang lagi jadi pusat perhatian. Apalagi secara total generasi PCX ini berbeda total dari produk -produk sebelumnya. Baik di sektor desain body, mesin, kaki-kaki dan juga mesin hampir total berbeda. Selain itu banyak fitur baru yang disematkan di skutik bongsor ini.



Difasilitasi oleh MPM Honda Jatim, Ototrend pun menjajal bagaimana performa All New PCX 160 ini di area MPM Learning Center Sedati Sidoarjo, sekaligus juga workshop membedah secara teknis produk terbaru dari Astra Honda Motor tersebut.



Memang test ride kali ini dikemas berbeda, sebab ototrend.com langsung berkesempatan menguji dan menikmati karakter mesin dan fitur New PCX ini. Lokasi pun cukup mumpuni dengan track lempeng lebih dari 50 meter dan setingan jalan berkelok bermodal jajaran cone.

 

 

REDCREW OTRE, NANDA OTOTREND. Gas pol dan rasakan langsung performa All New PCX 160.



Secara akselarasi memang terasa lebih enteng dari generasi sebelumnya. Sebab kapasitas mesin sudah berubah dan menggunakan 4 katup. Selain itu perbandingan kompresi pun lebih tinggi yakni 12:1 dari generasi sebelumnya 10,6:1. Untuk rute berkelok secara manuver tetap nyaman meski bobot crew ototrend.com berkisar angka 100 kg.



Sipnya New PCX dibekali fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control). Fungsinya mencegah ban selip  selip ketika thortle gas dibuka secara spontan atau kondisi jalan licin. Sistem kerjanya, ECM mengontrol volume bahan bakar ketika putaran roda depan dan belakang tidak sama. Throttle dibuka mentok seakan RPM menurun ketika konsep ban selip diseting dengan mengangkat roda belakang dan roda depan berhenti total dengan rem.

 

 

MATERI WORKSHOP BEDAH PCX160 OLEH NAIM MUHDORI. Kupas tuntas spesifikasi dan fitur New PCX.



Setelah test ride, materi kelas workshop New PCX disampaikan oleh Naim Muhdori, Technical services & Development Honda PT.MPM. membedah total perbagian New PCX dan fitur-fitur baru yang telah disematkan. Salah satu yang menarik yakni perubahan total disektor mesin yang memang berbeda dengan  generasi sebelumnya.



eSP+ yakni peningkatan power dan juga mengurangi friksi atau gesekan. Diantaranya mekanisme 4 katup sehingga mengoptimalkan pembakaran dan efisiensi gas buang dipadukan dengan perbandingan kompresi tinggi.  Perubahan lain yakni askruk lebih rigid dengan roller bearing yang lebih minim gesekan dan getaran askruk.



Selain itu mesin juga dibekali piston oil jet yang menyemprotkan oli tepat pada bagian belakang piston. Efeknya pendinginanan lebih efisien dan mencegah knocking yang berkontribusi meningkatnya performa. Tensioner rantai kamrat mengadopsi model hidrolis yang lebih efisien meredam getaran dan gesekan, juga perubahan sektor CVT sekaligus air intake system.

 

 

SOK BELAKANG BERBEDA. Dibekali cover Inner meminimalisir masuknya debu.



Untuk suspensi pun juga dikonsep berbeda dengan PCX sebelumnya.  Khususnya bagian belakang dengan panjang 375mm serta diameter per lebih besar yakni 6,70 mm. Efeknya ke riding ability dan kenyamanan berkendara. “Shock belakang sudah dibekali cover inner shock sehingga meminimalisir debu masuk yang menyebabkan kebocoran,” tutup Naim Muhdori.

 




naskah/foto : nanda