Yuk, Kenali Fitur HSTC di Honda PCX160 ! Bikin Roda Anti Selip.

ENGINE PCX 160. Kini sudah dilengkapi fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC).

All New Honda PCX 160 yang baru saja brojol memang masih anget digunjingkan. Tidak hanya membekali banyak part baru, tetapi juga tambahan fitur keren seperti Honda Selectable Torque Control (HSTC). Apa itu?



Sebenarnya, fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) ini bukan hal baru di jajaran produk Honda. Namun, fitur ini kebanyakan tersedia di varian bigbike. Dan salah satu skutik yang sudah dijejali perangkat ini adalah Honda Forza 250. Nah, kala Honda PCX 160 ikut disematkan fitur yang sama, tentu sebuah keunggulan tersendiri yang pastinya bakal menambah kenyamanan bagi biker pemakainya.



Sedikit disayangkan, Honda Selectable Torque Control (HSTC) ternyata hanya dipasang sebagai standar di varian ABS dan e:HEV. Sebaliknya, tidak ada di varian terendahnya yakni CBS. Jadi, konsumen yang sudah kadung beli All New PCX 160 tipe CBS bakal tidak bisa merasakan manfaat fitur tersebut.

 

 

SKEMA KERJA HSTC. Mengurangi efek selip di roda, dan menambah traksi.



Secara fungsi, Honda Selectable Torque Control (HSTC) sama halnya traction control, seperti fitur bernama Traction Control System (TCS) yang sudah dipasang ke Yamaha NMax terbaru, mengurangi efek spin atau selip dan menambah traksi roda saat dipacu terutama dalam kondisi jalan basah ataupun licin.



Cara kerjanya, HSTC akan mendeteksi setiap gerakan roda, baik depan dan belakang, melalui beberapa sensor di roda-roda tersebut. Jika ada perbedaan putaran roda depan-belakang yang bisa menimbulkan spin atau selip, maka sensor akan langsung memberi sinyal ke ECU. Dari ECU kemudian memerintahkan mesin untuk mengurangi pasokan fuel ke pembakaran. Gampangnya, asupan makanan distop sementara, agar mesin juga sedikit berkurang torsinya. Dengan begitu, roda lebih terkontrol.

 

 

DISPLAY SPEEDOMETER. Aktif tidaknya HSTC bisa dilihat di display sisi kanan.



Operasional fitur HSTC ini sama, antara yang dipasang ke Forza 250 dan All New PCX160. Saat motor dinyalakan, fitur HSTC akan otomatis aktif. Namun, posisi tombol untuk mematikannya berbeda. Jika di Forza 250, untuk menyala-matikan HSTC adalah menekan tombol kecil berlogo 'T" di setang kiri motor, sementara untuk menyala-matikan HSTC di PCX160 adalah menekan tombol  "Sel" di display.  Kemudian, fitur ini terlihat nyala atau tidak bisa dilihat dari logo T dengan lingkaran berwarna kuning di display informasi sisi kanan yang terdapat di panel speedometer.



editor : punk, foto : istimewa