PILAH-PILIH TROMOL DRAG NO REM : Awas...Bukan Buat Harian Ya. For Race & Showbike Only!

TROMOL DRAG TANPA REM. Beragam merek, desain dan bahan.

Bukan gegayaan atau punya nyawa dobel kalo menggeber kuda pacu tanpa rem lho. Ini memang kebutuhan buat motor balap spesial trek lempeng, yang mana kebanyakan dragbike dikurangi atau dilepas part-partnya untuk memangkas bobot.

 

Selain itu, motor drag memang sekali jalan, sehingga tidak perlu rem dobel seperti motor buat harian atau motor racing lain.

 

PENGGUNAAN. Hanya untuk drag sirkuit dan ngontes, bukan buat harian.



Aplikasi motor tanpa rem biasanya diterapkan untuk roda belakang, yang mana hanya menggunakan tromol dan sprocket saja. Di pasaran, cukup banyak tromol variasi custom model ini, dari lokalan sampai impor Thailand. Nah, berikut beberapa tromol no rem belakang yang bisa dipasang di motormu. Tapi ingat, Otre mewanti-wanti jika tromol no rem bukan buat harian ya. Kalo showbike..bolehlah.

 



1. TROMOL DRAG NOVA SONIC / DASH

 

TROMOL DRAG NO REM. YKZ dan DKT.


Biasa disebut begitu, karena memang peruntukannya buat Nova Dash dan Sonic, yang mana dua varian motor ini termasuk varian yang paling banyak dipakai dragbike di Thailand. Merek tromol khusus Dash/Sonic salah satunya YKZ original Thailand. Bahannya duralium super, pasti dibikin pakai mesin CNC. Tromol ini bisa dipasang ke motor lain, seperti Ninja dengan sedikit ubahan as dan bushing. Berat tromol 610 gram harga 1,5 jutaan. Ada juga merek lain seperti DKT dengan basis dan peruntukan yang sama.

 


2. TROMOL DRAG MOTO1

 

TROMOL DRAG NO REM. Moto1.


Merek ini terbilang aseso lama dan sudah ada pakai namun tidak sebanyak brand-brand asal Thailand. Seperti tromol belakang no rem lain, Moto1 ini berdimensi mini dengan lubang baut empat, jadi kudu menyesuaian kombinasi sprocket set nya. Meski begitu, tromol ini sudah dilengkapi bushing dan bearing.

 



3. TROMOL DRAG UPPER SPEED

 

TROMOL DRAG NO REM. Upper Speed.


Brand ini asli Thailand dan produsen part balap yang salah satu produknya adalh tromol. Bentuk dan desain Upper Speed, sama dengan varian YKZ dan DKT, namun biasanya sudah komplit satu set dengan tromol depan, bushing kiri kanan dan berikut bearingnya.

 




4.  TROMOL DRAG AITECH

 

TROMOL DRAG NO REM. Aitech.


Dibandingkan tromol drag Thailand, Aitech merupakan produk anak bangsa dengan modelnyang lebih dinamis. Diameternya lebih besar dengan finishing yang solid. Bubutannya bagus, dan sudah komplit depan-belakang. Di pasaran, harga tromol Aitech juga variatif, sekitar 1,5-1,65 jutaan.

 



5. TROMOL DRAG SPS

 

TROMOL DRAG NO REM. Sps.


Tromol ini berbahan alumunium, sudah dilengkapi bushing laher dan bushing as roda. Bisa dipasang di semua motor penggerak rantai, dari Supra Series, Ninja, hingga Satria FU. Dipasaran, tromol ini dilego 1650 ribuan.

 



6. TROMOL CUSTOM BECAK

 

TROMOL DRAG NO REM. Model becak dan variasinya.


Kalo tromol satu ini jelas sudah familiar buat penyuka drag ataupun kontes. Disebut tromol custom becak, karena bentuk dan modelnya mirip tromol becak, dengan sisi sambungan dalam lebih lebar dan bibir tinggi, sehingga cocok untuk motor yang punya sumbu arm lebar. Ada beberapa merek tromol jenis ini, seperti WP Tromol yang made in lokal namun kualitasnya bagus.



naskah/foto : punk