Yuk Custom CVT : Biar Skutikmu Kian Ngacir



Wajib hukumnya untuk kebutuhan kompetisi, mengolah power mesin agar ringan dikonversi ke speed, termasuk skutik yang lagi kembali dan kembali booming di laga road race kejurda maupun open. Bahkan di motoprix, sempat juga dibuka kelas skutik. Maka, custom daleman CVT berlangsung marak, menarik dicermati untuk diaplikasi buat harian maupun touring.

 



Ketika ditinjau nilai customnya aman diaplikasi. Sipnya, custom daleman CVT ini juga bisa diaplikasi untuk skutik yang kapasitas mesinnya masih standar.

"Tapi, makin mantap, ketika diaplikasi untuk mesin bore up, "buka Londo pebengkel Kaisar Motor di Perum Tamasa 8/2, Tambak Sawah, Waru, Sidoarjo. Berikut ragam custom daleman CVT terbaru, yang siap bikin skutikmu semakin ngacir dan akseleratif.




Custom daleman CVT rumah roller
Triknya, sudut rel roller dibuat landai. Prosesnya dibutuhkan special tool, pakai mesin rempelas. Untuk mendapatkan, ubahan sudut rel roller yang memiliki jumlah 6 itu lebih rata.

TERKIKIS. Bagian luar stopper roller.


Berubahnya sudut rel roller, secara tak langsung mengikis stoper roller sisi luar. Pergerakan roller jadi memiliki travel makin panjang. Ketika dikonversi ke variable drive belt, perubahan diameter drive belt pada primary sheave jadi lebih lambat atau bertahan diperbandingan berat.
"Dan ketika menyentuh peak power, diameter drive belt makin menepi atau menghasilkan perbandingan ringan, efek terkikisnya stoper roller sisi luar tadi," urai Londo.


STOPPER. Bisa dikikis bagian sisi dalam rel roller.


Ada lagi custom terbaru di seputaran rel roller. Yakni mengikis stoper sisi dalam rel roller, dengan bantuan bor tune bertangkai panjang. Makin menepinya roller ke sisi dalam, otomatis diameter drive belt pada primary sheave jadi makin kecil. 
Gasingan bawah power jadi tak terforsir, estafetnya power saat menghela gasingan tengah ke atas jadi lebih agresif. Dan custom rumah roller kali ini bisa memakai basis orsinya.  Praktis cara demikian, cukup menunjang keperluan riding yang membutuhkan kecepatan di top speed lebih nendang. Berlaku untuk semua jenis skutik 110 cc sampai 250 cc.

 



Maintenance pegas spiral movable driven face
Setelah umur 6 tahun pada pemakaian aktif skutik, problem yang sering dialami power kurang bertenaga. Padahal, jadwal service tertib, termasuk membersihkan dan mengganti komponen aktif daleman CVT.
Setelah diusut, problem demikian disebabkan kondisi tegangan pegas movable driven face sudah lembek. Memang, khusus bagian ini tuner masih belum memiliki parameter, sampai kapan umur pemakaian pegas spiral movable driven face.

SPIRAL. Agar top speed maksimal.


Sari sisi mekanis, ketika pegas spiral lembek perbandingan diameter v-belt jadi cepat membentuk ke perbandingan ringan. Setara dengan naik bebek di kecepatan 40 KM/Jam sudah masuk gigi 4. Sehingga, pencapaian top speed tak bisa maksimal.   
Problem demikian hanya dapat disiasati dengan penggantian pegas spiral movable driven face yang baru. Dengan tingkat kekenyalan lebih tinggi, untuk mempolakan variabel drive belt lebih lambat.
Itu artinya, penggantian pegas yang lebih kenyal dari OEM lebih disarankan ketika kapasitas mesin meningkat alias bore up. Agar, output torsi dan HP dapat dikonversi ke speed lebih merata hingga top speed.



Lengkapi bearing dudukan pegas movable driven face
Kalau sudah berganti pegas movable driven face lebih kenyal, giliran sempurnakan dudukan pegas movable driven face yang dilengkapi bearing. Sebab, ketika ditinjau dari mekanis atau prinsip kerjanya, mengikuti putaran movable driven face sebagai dudukannya. Kondisi semacam ini yang membuat akurasi dan reaksi pegas tak bisa mengikuti naik turunnya rpm lebih baik.

PELOR ATAU BALL RACE.  Jangan lupa ditambah vet atau grease.


Tapi, beda saat dudukan pegas movable driven face tadi memiliki bantalan peloran atau ball race. Akurasi mekanik pegas jadi lebih baik atau lebih independent, sesuai dengan spesifikasi tingkat kekenyalan pegas yang diaplikasi. 
Persiapan pemasangan, cukup tambahkan vet atau grease yang berkualitas. Dalam arti memiliki kadar perekat yang bagus, selain itu juga bertahan di suhu panas. Untuk menunjang kelancaran ball race atau peloran sebagai bantalannya.


 


Bentuk marking di mangkuk sentrifugal
Cara ini juga bisa menjadi alternatif pemakaian kampas sentrifugal kompetisi, yakni dengan menambah marking pada mangkuk kampas sentrifugal. Jadi, desainnya tak lagi polos dan mulus. Nilai selip kampas sentrifugal jadi minim, akurasi proses mengkopel jadi lebih baik.

CUSTOM SISI DALAM. Menambah marking di mangkuk sentrifugal

Dengan adanya tambahan marking di sepanjang mangkuk sentrifugal, serbuk sisa gesekan kampas sentrifugal jadi tak lagi mempengaruhi hubungan antara kampas sentrifugal dengan mangkuknya.
"Untuk penerapannya, selain skutik yang sudah bejibun option part racing dan bore up, cara ini juga bisa untuk skutik daily use, dengan kondisi komponen mesin masih standar,"urai Londo.
Oh ya, untuk tambahan marking tadi, perlu digarap dengan bantuan mesin freish. Paling pas, bisa mengikuti kontur atau bentuk kikir.


 


Kampas sentrifugal berbahan kampas rem colt diesel
Cara kanibalan dengan profil bahan yang berbeda, sudah berlangsung sejak 96. Tapi saat itu kanibalan berlangsung di kampas sentrifugal bebek. Sasarannya, mengejar clearence bebas antara permukaan kampas sentrifugal dengan mangkuknya lebih minim. Bahannya juga memakai kampas rem colt diesel.


PART KANIBAL. Pad kampas sentrifugal kanibalal dari kampas rem colt diesel

 

Giliran marak rombak-merombak daleman CVT skutik, cara ini kembali dipakai. Bedanya diaplikasi pada kampas sentrifugal daleman CVT. Sipnya, lewat kanibalan pad kampas rem colt diesel ini, clearence antara permukaan kampas sentrifugal dengan mangkuknya dapat diseting lebih rapat. "Dengan begitu, proses mengkopelnya kampas sentrifugal dengan silindernya jadi makin singkat," pasti Londo.

 

naskah/foto : pid