Motor Kamu Jadi Fogging Nyamuk? Awas...Pertanda Kerusakan Ini !

ASAP PUTIH KELUAR DARI KNALPOT. Indikasi ada kerusakan jeroan engine.

Pemakai kuda pacu 2 langkah, tentu sudah paham jika pelumasan mesin dilakukan secara langsung dalam pembakaran antara bensin dan oli sehingga lazim keluar asap putih atau pekat di knalpot. Namun, buat pemilik motor 4 langkah, asap putih yang keluar dari corong knalpot bisa jadi tanda adanya sebuah kerusakan. Apa saja?




Secara konstruksi, combustion chamber dalam motor 4 langkah sangat tertutup dan presisi. Baik pembakaran ataupun pelumasannya terpisah. Beda dengan motor bermesin 2 tak yang campur. Jadi, jika sampai muncul asap putih yang keluar dari knalpot, menandakan adanya problem kebocoran di sektor mesin, seingga oli ikut terbakar dalam combustion chamber tadi.


Oli yang terbakar, menimbulkan emisi berupa asap putih tadi. Semakin sering oli ikut terbakar, ruang bakar bakal semakin kotor karena ada kerak. Selain itu, oli bisa semakin berkurang dan merembet pada kerusakan komponen lain. Berikut ini beberapa penyebab keluarnya asap putih dari knalpot.



RING PISTON KENA / AUS

 

RING PISTON. Keausan terjadi ring oli dan ring kompresi.



Ini penyebab paling jamak, karena ring piston atau ring seher aus. Seperti sudah diketahui, ring piston ada dua jenis, yakni ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi ada di sisi atas, yang berfungsi merapatkan celah antara pison dan blok silinder agar kompresi nggak bocor. Sedangkan ring oli, mencegah oli masuk ke ruang bakar.

Ring piston aus, biasanya bentuknya tidak lagi bulat penuh, sehingga ada celah. Jika yang aus kedua-keduanya, celah akan semakin lebar sehingga oli semakin banyak yang masuk ruang bakar. Cara mengatasi ring piston kena ini tentu wajib bongkar mesin, dengan mengganti ring piston tersebut.

 


PISTON AUS

 

PISTON. Bisa mengalami aus pemakaian.



Piston atau seher adalah perangkat yang bergerak naik turun sesuai ritme pembakaran, sekaligus tempat duduknya ring piston. Piston yang aus, membuat posisinya tidak lagi presisi sehingga bisa muncul celah, yang kemudian berujung masuknya oli ke ruang bakar sehingga oli ikut terbakar dan knalpot pun ikut mengeluarkan asap. Seperti kerusakan ring piston, penggantian piston juga mesti bongkar mesin/overhaul.

 


LINER SILINDER KENA / AUS

 

LINER SILINDER KENA. Bisa bore up atau bubut ulang.



Liner adalah bagian yang paling terkena friksi/gesekan piston. Dalam pemakaian jangka panjang, bisa jadi terjadi keausan akibat friksi tersebut sehingga oli dengan mudah masuk ke ruang bakar.  Gejala liner kena, biasanya mesin sulit dihidupkan, bisa juga loss power. Cara mengatasi liner silinder kena adalah bubut ulang liner silinder atau bore up sekalian.

 


KEBOCORAN VALVE SEAL / SIL KLEP

 

SIL KLEP. Kebocoran juga berasal dari sini.



Di setiap klep dipasang seal untuk mencegah kebocoran oli. Namun karena faktor pemakaian atau umur, seal ini bisa jadi keras sehingga kerapatannya menurun. Oli pun bisa mudah masuk ke ruang bakar. Perlu penggantian sil klep dengan yang baru.

 


VALVE GUIDE / BOS KLEP AUS

 

BOS KLEP. Meski jarang terjadi, bos klep juga bisa jadi sumber kebocoran.



Seperti sil klep, bos klep yang mengalami kerusakan atau keausan juga bisa jadi penyebab oli mesin merembes masuk ke ruang bakar.

 


KLEP TERGANJAL KARENA SALAH PASANG

 

KLEP. Jangan salah pasang untuk mesin DOHC.



Bisa jadi, klep terganjal karena salah dalam pemasangan. Ini bisa terjadi di motor-motor 4 tak yang bertipe DOHC. Meskipun menggunakan katub intake yang sama, kedua klep tersebut tidak boleh tertukar pemasangannya. Jika terbalik, ada kemungkinan kebocoran karena dudukan klep dan klepnya nggak cocok. Mengatasinya, dengan menyekir klep agas pas dengan dudukannya.

 


BATANG KLEP BENGKOK

 

KLEP BENGKOK. Bisa merusak/nekan seal.



Ini adalah batang besi yang terhubung ke cam, dan menjadi tumpuan cam saat menekan katup. Dalam posisi normal, batang katub harus lurus. Jika bengkok, maka letaknya nggak center sehingga membuat salah satu seal akan tertekan dan lainnya akan longgar. Endingnya, bisa ada kebocoran jalan oli ke ruang bakar.

 


PACKING KOP RUSAK

 

PAKING KOP. Sepele dan murah, namun fital.



Part ini terlihat sepele, yakni penyekat antara blok silinder dan kepala silinder (kop). Meski sepele, fungsinya super fital agar blok silinder dan kop jadi rapat.  Dengan blok silinder dan kop rapat, maka tidak ada kompresi hilang. Jika packing rusak, kompresi bisa bocor dan oli bisa mengalir ke jalur oli. Biasanya ada rembesan oli di permukaan luarnya, dan jika ikut terbakar maka asap yang keluar putih tipis atau biru. Trik mengatasi packing rusak, cukup menggantinya dengan packing baru.


 


naskah/foto : punk