Empat Langkah Mudah Merawat Pelek dan Jeruji

PELEK & RUJI. Perlu dirawat agar tetap prima dan motor enak dipakai.

 

Buat penggemar motor modifikasi, penggantian rim/pelek standar dengan aftermarket sudah jadi menu wajib, apalagi dikombinasi pelek dan ruji gress yang lagi trend, seperti pelangi ataupun two-tone. Namanya modif modif, Otre yakin mereka bakal merawat pelek ini dengan baik. Lalu, bagaimana dengan kaum awam atau newbie yang kadang abai dalam perawatan pelek? Ini langkah mudahnya.

 

 

Namanya komponen yang paling banyak nyentuh aspal atau medan lain, roda-roda seperti ban, pelek tromol hingga part suspensi tentu akan cepat kotor. Apalagi di pelek palang dan jeruji, kotoran seperti debu, air hingga aspal seringkali hinggap di bagian ini.

 

 

RUTIN DICUCI & DIBERSIHKAN

 

BEBERSIH. Harus rutin dan tidak boleh abai.

 

Satu langkah mudah agar pelek dan ruji bisa awet adalah dengan membersihkannya secara rutin, baik dengan dilap ataupun dicuci air. Jangan lupa, seka jeruji hingga bagian ujung tromol dan di sela-sela pelek agar kotoran benar-benar terangkat. Dengan begitu, pelek dan ruji selalu dalam kondisi bersih, cilong dan mengurangi kemungkinan karat.

 

 

 

BERI PELAPIS ANTI KARAT

 

PELEK & RUJI KARAT. Bisa diatasi dengan beberapa cara.

 

Untuk memperpanjang usia pelek, apalagi yang stainless atau almu, sebelum dipasangi ban bisa lebih dulu diberi pelapis seperti antikarat, flinkote ataupun memberi tambahan karet pelindung dalam yang lebih tebal di sekeliling sisi dalamnya. Sebab, seringkali air hingga kotoran kecil akan masuk lewat sela-sela jeruji.

 

 

 

RUTIN CEK TEKANAN ANGIN

 

KONDISI PELEK AMBYAR. Akibat pemakaian yang tidak terkontrol.

 

Rutin mengecek tekanan angin, mengingat tekanan ban akan perlahan berkurang. Jika motor kurang angin atau dipakai dengan beban berat, beresiko pelek kendur, bengkok atau bahkan bisa patah. Apalagi, jika pemakaiannya sembarang dan tidak terkontrol, termasuk abai memperhatikan kondisi jalan atau menghajar lubang. Jadi, ubah deh perilaku berkendaramu.

 

 

 

ATASI KARAT DAN KOROSI

 

CAIRAN PEMBERSIH. Jenis dan harga beragam.

 

Lalu, bagaimana dengan kondisi pelek atau ruji yang sudah kadung berkarat? Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Paling simple, bisa menggunakan olesan oli bekas. Namun, ini bisa membuat kotoran tambah menempel jika tidak sering dibersihkan ulang. Bisa juga memakai campuran lain, seperti air soda, batu ijo ataupun minyak kayu putih, meskipun perlu kerja keras membersihkannya.

 

Terakhir, bisa nebus cairan pembersih yang jenis dan harganya beragam, seperti WD40, Rexco 50 ataupun Rust Remover lain.  Cairan pembersih ini pun gampang, tinggal semprot ataupun oles yang bisa melunturkan oksidasi besi. Jika cairan pembersih ini tetap gagal menghilangkan karat, langkah terakhir berarti bisa-bisa lembiru alias lempar beli baru. Alamak !!

 

 

 

 

 

Naskah/foto : punk