Nih Inspirasi Ubah Kopling Kering di Classic Street Racing

+62 gak kekurangan para kreator yang punya ide brilian. Memeriahkan trend racing style di genre classic street racing, Jrx Mdf asal Bantul Yogyakarta mengoprek cukup banyak sektor di motor CB eser andalannya, termasuk mengaplikasi kopling kering.



Meskipun kopling kering jarang diterapkan di motor standar harian, namun beberapa produk lawas Ducati masih menggunakannya. Bahkan, trend ubah dari kopling manual tipe basah jadi tipe kering juga booming oleh biker pemakai Yamaha Exciter di Malaysia.

 

Nah, khusus yang satu ini, Jarex dari Jrx Mdf memang sengaja memanfaatkan babe yang tersedia di bengkelnya. "Pernah lihat mesin Takegawa pakai model itu, tapi karena mahal kita coba bikin sendiri, itung-itung juga pakai part yang ada di bengkel," tutur Jarex memberi alasan.

 

PENEKAN. Mengambil kaliper bekas Satria FU.



Modif ke model tipe kering ini, Jarex masih menggunakan mesin bawaan CB namun kalter kanannya dikepras. Rumah kopling diambil dari Tiger. Sedangkan plat, piringan dan per kopling diganti aftermarket spek standar. "Kalo prinsip dan mekanismenya sih sama. Kopling set nya di luar, tidak direndam oli. Sebagian part diganti, dan ada juga part custom, karena butuh dibubut juga," terang Jarex, yang siap dikontak di +62 857-1583-3877.

 

KONSTRUKSI. Kopling kering terlihat dari luar, lebih eksotis.



Yang spesial ditilik dari sisi luar, perangkat garpu pembebas untuk mengendalikan plat penekan. Part satu ini, Jarex mengambil kaliper belakang bekas Satria FU yang dipotong, dengan tetap menyisakan piston kalipernya. Kemudian, disambung ke tuas koplingnya. "Kita pakai barang yang ada di bengkel, adanya kaliper FU bekas, ya itu yang kita pasang," kelakar Jarex, yang tetap membuatkan dudukan almu berbentuk segi enam.

 




naskah/foto : punk/istimewa