MOTOR INJEKSI KAMU BREBET ? Yuk, bebersih part-part ini !

Eranya motor-motor baru yang dirilis berikut penggunaan mesin berteknologi injeksi, tentunya tetap ada problem menyangkut pemakaian jangka panjangnya.

 

Namun, dibandingkan motor berkarbu, motor injeksi tentu butuh perawatan atau maintenance yang lebih intensif dan peka, apalagi jika mulai terasa mbrebet dan loyo. Lalu, bagian mana yang kiranya perlu dicek sebagai awalan? Didik Supriyono, pebengkel dari Blora Motor punya trik dan solusinya.

 

DIDIK BLORA MOTOR. Pengecekan simple atasi mesin brebet.


Secara teknis, motor berkarburator dan yang berinjeksi hanya beda sistem di sektor pemasok campuran bahan bakarnya.  Di motor konvensional yang masih memakai karburator, bahan bakar dari tangki 'dihisap' dengan metode vakum ke karburator untuk dicampur dengan udara sehingga menghasilkan fuel mix menuju ruang bakar. Sebaliknya, di motor bermesin injeksi, bahan bakar disedot oleh fuel pump untuk dialirkan ke injektor, yang kemudian disemprotkan ke dalam ruang bakar via throttle body.

 

FUEL PUMP. Dicek apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.



Nah, dari sini saja, kelihatan jika fuel pump tidak beres, maka kinerja mesin akan terganggu, paling tidak muncul indikasi mbrebet, atau jika sudah fatal akan mogok.

 

"Bahan bakar juga membawa pengaruh, bensin yang kotor akan lebih cepat menimbulkan kotoran di tangki, dan jika semakin lama menumpuk maka filter di fuel pump juga akan semakin cepat kotor dan kerja fuel pump terganggu atau macet," ungkap Didik, yang menyarankan untuk menguras tangki, atau minimal membersihkan tangki ini setahun sekali.

 

FILTER. Jika kotor, ada baiknya diganti.



Cara mengecek fuel pump masih bagus, lemah atau loyo, bisa didengar saat motor dinyalakan yang mana kunci kontak dalam posisi On. Jika tidak ada suara fuel pump, berarti sudah lemah. Akan lebih bagus, jika filter fuel pump juga sering dicek, dan sering dibersihkan.

 

"Fuel pump ini biasanya satu paket dalam tangki, tinggal lepas dan pisahkan dari tangki dan kemudian dibersihkan, termasuk filter olinya sekalian," tambah Didik. Untuk preventif, saringan pompa bila kotor bisa dibersihkan, atau jika sudah tidak berfungsi bagus, bisa dilakukan penggantian.

 

PEMBERSIHAN INJECTOR. Dibantu cairan cleaner.



Part ketiga yang wajib dibersihkan jika ada indikasi mesin brebet karena tangki kotor, disusul fuel pump gak berfungsi maksimal adalah dengan membersihkan injektor. Jika injektor normal, maka semua part bisa dirakit ulang dan dilakukan pengecekan awal dengan menyalakan motor secara stasioner. Kemudian putar gas di kisaran 5000-8000 rpm secara langsam, dan jika sudah tidak ada gejala mbrebet, berarti mesin injeksi sudah bekerja normal.



edit/foto : punk/istimewa