ATASI HOLDER & SWITCH MELINTIR DI SETANG BARU : Cukup Bikin Lubang & Seting Nok Holder

Modif tanpa ganti setang, rasanya seperti naik motor standar lagi. Apalagi, kalo modifnya mengacu ke performa, atau fashion-styling, seperti road race, dragrace, street racing style, fighter atau bahkan mothai racing. Ganti setang, plus perangkat pendukungnya macam holder, switch set hingga handgrip atau bahkan hand-protector jadi menu wajib. Tetapi, ada problem sepele yang kadang mengganggu, apa itu ?

 

 

GANTI SETANG. Menu wajib modif.





Mengganti setang kemudi memang bisa memberi efek luar biasa, dari memperbaiki riding style ataupun sekedar menambah penampilan luar, estetika hingga tema modifnya.

Satu sisi, mendapatkan riding style yang nyaman adalah yang paling utama, karena bisa disesuaikan dengan posisi berkendara atau postur pengendaranya.


Namun, terkadang ketika main pasang, biasa problem baru muncul, seperti saat melintir handgrip, holder sebagai dudukan yang terintegrasi instalasi switch justru ikut terpelintir. "Termasuk, saat mencet tombol switch lampu kota yang terangkai pada holder, kadang terpelintir juga," terang Andi Wibowo, dari bengkel P5Boer, Jombang.

 

SETANG DIBUATKAN LUBANG. Agar holder rapat dan tidak melintir.



Pertimbangan itu, agar lebih aman sebelum pemasangan seting lebih dulu posisi nok holder. Otomatis pada langkah ini, dibutuhkan lubang baru pada setang kemudi. Untuk trik mengebornya, pakai bantuan betel penitik, agar mata bor lebih fokus. "Dan ukurannya sesuaikan dengan ukuran nok, agar lebih presisi," ingat Bowo, sapaannya.

 

POSISI NOK. Pastikan pas di holder dan lubang.



Pastinya, cara ini juga bisa diterapkan saat penggantian holder yang masih sistem manual pada pengoperasian head lampnya, saat ingin menonaktifkan sistem Auto Headlamp On. "Sebab, saat pemakaian holder baru kadang antara letak nok holder dan lubang pada setang kemudi berbeda,"urai Bowo.      


naskah/foto : pid