KAMPAS SENTRIFUGAL SKUTIK TERBAKAR & KERAS? : Kikis dan Bubut Ulang Pad, Kembali Seperti Baru

Kikis dan Bubut Ulang Pad, Kembali Seperti Baru

Sebenarnya, ini problem biasa di skutik, yakni tarikan jadi kurang responsif, lelet atau bahkan terputus-putus, hingga muncul suara kasar seperti deg deg deg. Bisa jadi, satu penyebabnya adalah salah satunya kampas sentrifugal yang mulai terbakar dan kemudian mengeras karena pemakaian. Solusinya?

 



Mengerasnya kampas sentrifugal sendiri hal wajar, mengingat ketika permukaan kampas sentrifugal bersinggungan langsung dengan mekanisme CVT. 

Nah, kebanyakan pengguna atau mekanik, justru menyarankan pad langsung dibuang dan ganti.  Padahal, sebenarnya masih layak dipakai, dengan asumsi ketebalan pad kampas sentrifugal masih ada angka 2,5 mm - 3,5 mm.

 

CEK KETEBALAN. Jika masih tebal, bisa dipakai ulang.




Ada trik baru yang ditawarkan oleh Agung Catur, pebengkel bubut di kawasan Menganti Karanga n, Gresik. Pad kampas sentrifugal yang masih laik ini bisa diakali dan dibenahi dengan media bubut.  Prinsipnya, mengikis permukaan kampas sentrifugal yang terbakar, dengan begitu akan tercipta permukaan pad baru.

 

 

BUBUT ULANG. Trik sementara untuk pad yang mengeras.



Dengan timbulnya permukaan baru ini, hubungan kampas sentrifugal dengan mangkuknya jadi lebih pakem. Sehingga saat kampas sentrifugal mengembang, proses mengkopel jadi lebih akurat. "Untuk berakselerasi jadi tak membutuhkan bukaan handgrip lebih lebar,"yakin Agung.  Tetapi, trik ini memang bukan untuk sementahun, tetapi bisa dipakai untuk darurat.  "Jika memang kondisi kampas sudah tipis, akan lebih baik ganti pad baru," sarannya.


naskah/foto :  pid