YUK BIKIN SENDIRI SLIDING TRACKER (SST) PAKET HEMAT



Bongkar pasang mesin di rumah tentu jadi menu harian para mekanik, modifikator atau builder rumahan. Apalagi, trend baru dan muncul gairah untuk berinovasi plus serbuan berbagai option part aftermarket menjadi pemicunya.  Efeknya, ini merangsang  modifmania mengembangkan tools sendiri.

 



Fenomena ini layaknya diikuti, tentunya munculnya peralatan penunjang custom buatan sendiri (handmade) untuk memudahkan bongkar pasang mesin. Salah satunya, special tool (SST) pembuka pin rocker arm dan camshaft Jupiter series yang dikenal alot saat lama tak dibongkar. 

 

"Alat ini biasa disebut sliding tracker, sesuai dengan pemakaian dan fungsi yang mesti dilontarkan dulu pemberatnya," sebut Rohim mekanik bengkel balap RAT Motorsport di Jl. By Pass Juanda 17, Sidoarjo.

 



 

Pria cakap itu membuat alat ini dari inspirasi sliding tracker pembuka as roda mobil.  Jadi tinggal, mengatur pemberat sesuai dengan level beban yang akan dilepas. Kalau levelnya ringan, bisa pakai pemberat 300 gram - 400 gram. Untuk bahan pemberat bisa aplikasi besi padat kontur silinder, agar lebih balans. Seperti pada sliding tracker pembuka pin rocker arm Jupiter.

 




Nah, beda lagi saat membuka noken as Jupiter. "Dibutuhkan pemberat lebih berat, sebagai media hentakan sebagai penariknya, "urai Rohim yang juga lagi menimba ilmu mengorek mesin di RAT Motorsport.  

 


Fungsi sliding tracker untuk keperluan lain juga bisa, seperti melepas bearing as kruk, bearing as roda, bushing monocross dan keperluan lainnya yang tak sampai membuat rusak komponen sekelilingnya. "Oh ya untuk panjang lontaran pemberat, sesuaikan kebutuhan dan tingkat kesulitan komponen yang akan dilepas, "ingat Rohim.      

 



naskah/foto : pid