HINDARI MENGKANIBAL SEAL KATUP BEBEK & SKUTIK YAMAHA



Makin banyak saja bengkel dadakan yang muncul bak jamur, seiring wabah karapan, road race sampai adventure. Namun perhatian nih, buat modifmania yang sering bongkar pasang silinder cop, untuk bersih-bersih daleman silinder cop sampai pingin menskir dudukan katup.

 


Spesial bagi kuda besi yang basisnya bebek Yamaha, ingat dan catat ya saat mengganti sil katup. Sebab, meskipun varian 4 tak ada di model skutik, bebek dan bebek jantan, tapi model dan desain sil katupnya berbeda.

 

sil katup tipe 5 ER, 2 S6, 5 MX

 


"Sekali lagi, agar tak keliru saat membelinya, pakai saja pedoman part number setiap sil katup motor atau skutik yang lagi dibongkar,” saran Londo, pebengkel Kaisar Motor di Perum Tamasa 8/2, Tambak Sawah, Tropodo. Berikut datanya :

5 ER    : Vega, Vega-ZR, Jupiter, Jupiter-Z
2 S6    : MX 135 LC, V-Ixion
5 MX    : Mio, Nouvo

 


Untuk ciri khasnya, sil katup yang memiliki lapisan semacam bronz kelir emas dengan kontur karet lebih keras itu jenis 5 ER. Diameter dalamnya terukur 4,5 mm. “Sedang kalau warnanya coklat dengan diameter dalam sama 4,5 mm, itu jenis 2 S6, ”detail Londo. Ia juga menambahkan, sil yang warnanya coklat tapi diameter dalamnya lebih besar, yakni 5,5 mm itu sil katup jenis 5 MX.

 

 

pastikan bushing & sil katup matching


Ada lagi yang perlu diingat, meskipun sil katup jenis 5 ER dan 2 S6 memiliki diameter dalam sama, tapi jangan coba-coba untuk mengkanibalnya. Sebab, model bushing katup berbeda.
Kalaupun bisa terpasang tapi tak bisa rapat, rawan lepas. “Selain itu, dari segi bahan nya juga mengalami perbedaan. Dan sudah dirancang spesifik pada suhu normal salah satu jenis mesin yang memakainya, ”tegas Londo.     

 



naskah/foto : pid