SECONDARY SHEAVE JVT : INSTAN DONGKRAK AKSELERASI VARIO 125 PGMFi

Belakangan ini produsen option part makin inovatif menelurkan produknya. Berbagai kelebihan ditawarkan, terkait up grade performa, untuk menandingi keperluan bikers dalam pemakaian skutik.



Salah satunya komponen secondary sheave, yang terbagi mangkuk berikut kampas sentrifugalnya. Pada bagian ini produsen option part JVT yang menyasar segmentasi racing, meluncurkan produk option part mangkuk dan kampas sentrifugal yang inovatif.

 



Seperti pada desain mangkuknya,  dominan mengalami penyusutan bobot bahan. Sehingga transfer putaran dari primary sheave jadi lebih ringan, terkait dengan berkurangnya beban mangkuk tadi.


"Makin banyaknya rongga tadi konsentrasi panas jadi mudah dipudarkan. Proses pendinginan jadi lebih cepat, "kompak Opan dan Yudha punggawa JVT racing part di Jl.  Ngagel Rejo Kidul 93, Surabaya.

 



Stabilnya suhu mangkuk tadi, juga menguntungkan kampas sentrifugal. Sebab, pijakan kampas sentrifugal terhadap silinder tromol jadi makin pakem. Apalagi, kontur bidang pijak pada mangkuk sentrifugal dilengkapi grafier dengan alur menyerong.



Kontur bidang pijak kampas sentrifugal ini pula yang makin menguntungkan transfer putaran primary sheave ke secondary sheave.  Sebab, akurasi proses mengkopelnya kampas sentrifugal terhadap mangkuknya jadi lebih baik. Sipnya, ketika dikonversi ke speed akselerasi makin agresif.   

 

naskah/foto : pid