MERAWAT SIL SOK DEPAN V-IXION SERIES

Kalau mencermati kondisi dan warna oli sok bekas pemakaian yang berubah jadi hitam, bisa dipastikan bahwa oli sok depan sesunggunya terpengaruh oleh panas. Bisa jadi pengaruh dari gesekan plunger daleman sok depan yang aktif melayani kondisi jalan dan vibra tapak kaki.


"Dengan menyusutnya kekentalan oli sok depan, daya hidrolis yang dihasilkan juga berkurang. Kondisi demikian yang kemudian memicu sok depan jadi empuk dan agresif hingga menimbulkan travel sok depan makin panjang," buka Henry Setyo mekanik Yamaha Lancar Motor di Jl. Kenjeran 366, Surabaya.

Dalam waktu relatif panjang, sil oli lebih dulu yang kena imbasnya. Tingkat gesekan yang berlebihan ini kemudian memicu terjadinya susunan sil oli jadi aus. Kalau sudah begitu, oli sok depan dipastikan akan merembes keluar hingga menembus sil debu.




Dan berkurangnya kapasitas oli sok depan yang relatif tak bersamaan ini turut berpengauh ke handling, macam terasa narik ke kanan atau kekiri dan tergantung dengan kapasitas oli sok depan yang berkurang lebih banyak. Misal, yang berkurang lebih banyak sok sisi kanan, kendali biasa terjadi narik ke kanan. "Tapi, ingat ya problem demikian rata-rata pemicu dan efeknya sama dengan semua merk dan jenis kuda besi, baik skutik, bebek dan sport," beber Henry.

Maka, kalau sampai memahami pemicu problem sok depan, idealnya prioritaskan servis pengecekan kualitas dan kapasitas oli sok depan di setiap 6000 KM - 8000 KM, seiring dengan kondisi jalanan saat ini. "Sasarannya, untuk menjaga pergerakan atau mekanis sok depan tetap responsif dan smooth, melayani vibra tapak roda berbanding kondisi jalan," terang Henry.

Normalnya, kapasitas oli sok depan di setiap selongsong sok 230 cc - 232 cc. Sedang kemasan oli sok cuman 150 cc, jadi setiap servis sok depan membutuhkan 4 kemasan oli sok. Pada servis ini, juga meliputi proses membersihkan debu, pasir dan kotoran lain yang kebetulan terjebak di bawah sili debu dan di atas sil oli. Serta mengecek tingkat baretnya permukaan inner tube.

Nah, spesial bersih-bersih kotoran di seputaran sil debu dan sil oli, bisa dilakukan sendiri. "Cukup modal obeng min tipis dengan penampang lebar, kemudian seka dengan majun atau lap bersih," saran Henry.


  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK