SIL GIR BOX JAGO TOURING

MEMANG sih bawaan pabrik untuk mengantisipasi tekanan hawa panas ruang gir box, pada skutik keluaran terbaru dilengkapi dengan selang high temp pembuang panas dan diarahkan ke ruang CVT. Tapi, beberapa skutik keluaran terbaru juga ada yang tak dilengkapi. Padahal, secara fungsi selang tadi meminimalisir hawa panas dari pusaran gir box serta efek oksidasi oli gir box.



Cuman, yang wajib ditinjau ulang adalah keberadaan susunan sil-sil, sebagai penyekat oli gir box agar tak sampai bocor ke silinder tromol. Pasalnya, ruang gir box dan silinder tromol berdampingan. "Maka, hawa panas dan efek oksidasi dipastikan dalam waktu lama akan mempengaruhi kondisi sil alias berpotensi mengalami kebocoran," tegas Teguh dari RPM di Jl. kalibutuh 131, Surabaya.




Pertimbangan itu, pusaran hawa panas wajib diminimalisir. Singkat cerita, inspirasinya bisa mencomot slang pembuang panas akseso. Realisasinya siapkan baut tanam seukuran penutup atas lubang pengisian oli gir box, baik model drat maupun diameternya. Untuk tinggi baut pilih ukuran 5 cm, setelah itu tambahkan lubang 5 mm - 6 mm bagian tengah baut. Kemudian tambahkan mur 2 biji dan pasang sistem kontrak, sesuai tinggi ketebalan diral gir box.

Sedang lubang atasnya sambung dengan slang solar atau yang sifatnya high temp, yang banyak tersedia di gerai spare part roda empat. Makin panjang slang makin bagus, sebab proses melepas pusaran hawa panas makin lega. Cuman ujungnya tetap tambahkan penutup berupa tabung yang sifatnya mudah melepas panas.

Cara ini dapat diterapkan pada skutik yang mengusung model lubang yang ada di samping dan atas. Tinggal mengatur susunan slang, agar jangan sampai dijadikan jalan atau jalur oli gir box. Berlaku buat spesial bikers yang doyan touring menunggang skutik. "Dijamin sil akan tahan lama," yakin Teguh. l pid