Dony Speed "Workshop Racing & Speedshop" - Probolinggo : BUKAN SAATNYA RISET !

 

Dony Begawan Donny Speed Workshop Racing & Speedshop. Aplikasi ilmu pasti yang telah terbukti.

 

Mulai berekspansi ke speed shop, tahap proses pengembangan, sembari memburu option part racing yang langka dan diburu tuner. Diferensiasi ini yang menjadi nilai jual Dony, sebab menurutnya ada salah satu, dua, tiga dan empat option part racing, dalam sebuah serum korekan mesin yang menjadi penopang dan membutuhkan spesifikasi khusus berikut sifat materialnya yang kuat.

 

 

Seperti saat ini, tuner penyuka masakan Padang itu lagi memburu bahan bushing katup yang sanggup melayani clearance 0,02 mm dan licin di suhu tinggi. Sebab, menurutnya di sektor ini sering kali terjadi kebocoran kompresi tapi skala minimalis. “Nah, alangkah gaharnya ketika sektor bushing tadi mampu menjaga gas segar yang akan dikompresikan, ”analogi Dony.

 

Cuman, pada fase perjalanan workshop racing spesial road race dan GTX itu, Dony sudah meninggalkan fase uji coba dan riset. Saya carinya yang pasti-pasti aja. Pertimbangan itu pula, Dony menerapkan test case pembanding ke konsumsi kuda besi touring dan adventure yang akan dikonversi ke racing. Kuda besi touring dan adventure menurutnya lagi, butuh durability, juga digeber dengan variabel RPM.  Pengaruh output speednya juga sensitif terbaca rider.

 

Dan pemilihan bahan bushing katup itu adalah benar satu contoh dari 27 option part racing yang membutuhkan spesifikasi khusus. Jadi point ini hasil riset dan pengembangan ketika Dony aktif membalap di era 03. Kalau bicara riset dan test case itu dulu, sekarang saya memposisikan sebagai owner tim di masa saya membalap. “Jadi, bagaimana management engine komplit bisa ditekan bajetnya, ”terang Dony berfilosofi.

 

Dony & Konsep Market. Eekspansi ke speed shop & sediakan option part kompetisi spesialis kebutuhan tuner.

 

Dengan metodhe ini, jadi tak beresiko ke tuner yang mengorder korekan mesin ke workshop kita, selain itu rider dan manager sampai owner tim jadi tak was-was. Integritas dan hasil pengalaman di racing ini sengaja saya jaga. “Hingga saya bela-belain bersih tegang dengan bengkel bubut saat hasil orderan nggak sesuai request, ”bebernya.

 

Sipnya, dengan hasil desain, bobot, option part racing yang serba terukur dan pasti-pasti ini pula, rata-rata kuda besi road race dan GTX hasil korekan Dony tak pernah menginjak tahap seting speed. Korekan mesin kelar, langsung dipakai balap. Race satu dan race dua, yang berganti dimanfaatkan tahap final seting, ketika berlangsung tiga race.

 

Terkecuali kalau mau seting speed di sirkuit permanen, itu lebih baik. Sebab, limt kemampuan mesin lebih terukur berbanding kebutuhan sirkuit. Kalau seting speed dibebaskan, kadang terlalu berlebihan. “Giliran pas main, tinggal aus dan dihadapkan pada toleransi spesifikasi komponen mesin yang berlebihan, ”pengalaman Dony.

 

Krusialnya ada di point ini, memang secara tak langsung beberapa konsumen yang datang dari luar pulau, seperti Palembang, Padang, Riau dan Sampit, mulai saya tradisikan untuk langsung dipakai balap. Jadi, sedikit demi sedikit tradisi seperti ini saya terapkan. “Memang sih terkesan salah prosedur, tapi kalau dikalkulasi resikonya, kira-kira siapa yang paling salah, ”wejang tuner yang asli Jogja itu.    pid

 

 

Dony Speed Probolinggo

Jl. Panglima Sudirman 485D, Wiroborang, Mayangan, Probolinggo

0823 - 3052 - 5845