Yamaha Z1 - Pamekasan : Rider Kuda Hitam, Tak Dinyana Jawara MP5 & MP6

Ini dia salah satu output makin padatnya jadwal road race di Indonesia, khususnya Jawa bagian Timur, diklaim digdaya dan sukses mencetak rider-rider belia potensial, seperti HS. Ferly jawara MP5 dan MP6.

 

 


Disebut demikian, lantaran setiap laga Ferly sapaannya dominan merangsek ke podium, termasuk saat laga di beberapa kejuaraan open road race openchampionship.  Kabar terbaru dari H. Syamsul owner timnya, up grade performa mesin kali ini diback up langsung oleh Erjety, tuner potensial Pamekasan.

 



 

Serum korekan Z1 terbarunya ada di gigi rasio yang dipinjam dari Moto-1, spesial buat Z1 pasar senggol. Itu artinya, perbandingan gigi lebih ringan dan bertipikal close. Umpan RPM dan speed makin mudah dicari, demikian limit power band juga makin sensi dirasakan Ferly, sehingga minim over power.  Pada bagian ini durability jadi lebih dapat, apalagi katup memakai 26 mm (in) dan 21 mm (ex) yang kian efektif menghantar gas segar ke combustion chamber. 

 

 



Dua rumus tadi yang sukses menghantar gaya balap Ferly identik petarung alias identik menempel ketat rivalnya. Pertimbangan itu pula, injector dipilih 12 hole. Tipikal bulir gas segarnya mudah homogen. "Hingga box filter orsinya mesti ditambah lubang di sekelilingnya, "kata Erjety yang menyempurnakannya dengan ECU BRT. 

 



Untuk nilai kapasitas mesin diback up piston BRT 53,4 mm serta dipadu ruang bakar dengan nilai perbandingan kompresi 12,7 : 1. "Dan hasil evaluasi terbaru, kemungkinan rumah kopling yang akan direvisi berganti lebih besar, untuk melayani kebutuhan stop and go," sebut Erjety.    

 

 


SPEK KOREKAN
ECU     : BRT
Injector     : 12 hole
Perbandingan kompresi     : 12,7 : 1
Piston     : 53,4 mm
Gigi rasio     : Moto 1


naskah/foto : pid