YAMAHA F1Z-R - BOJONEGORO : POWER PRODUKTIF @ 4000 RPM

X5 Net Jaya Abadi Racing Team, Bojonegoro diklaim tim privater yang kuat di Jatim, bahkan lebih. Pasalnya sejak 97, hingga sekarang tetap eksis di kompetisi roda dua, yakni road race, grasstrack dan motocross. Dibelakang layarnya ada H. Yono sebagai owner tim, sekaligus pemuka automotive Bojonegoro.


Menjelang musim kompetisi roda dua 2018 kali ini, H. Yon sapaannya dominan fokus di grasstrack. Bukan berarti road race ditinggalkan, sebagai tradisi awal musim kompetisi identik atraktif dan kekuatan saling intip. Jadi tak bisa memastikan parameter level kekuatan rival-rival tim lainnya.

"Sepakat bulan maret aktif berlaga, ketika formasi dan kekuatan tim baru mulai terlihat," tegas H. Yon. Beda dengan grasstrack, kendati mesin baru tapi banyak faktir penentu juara. Termasuk performa mesin F1Z R, hasil garapan Rema dari R22 Tech, Jogja yang dipercayakan rider kawak M Sunar yang juga merangkap sebagai manajer.

Kali ini kelas yang diikuti bebek 2 tak 116 cc standar. "Tapi ingat bro, kendati standar kelas ini justru yang paling sengit, lantaran dominan diback up tuner papan atas," urai M. Sunar.



Untuk korekan mesin hasil pengembangan mesin road race. Torsi dan HP dirancang sebanding, sesuai kebutuhan grasstrack. Itu artinya, suplai gas segar dirombak pekat melayani kebutuhan mesin.

Silinder skep diremer hingga 22 mm dan venturi 24 mm dan dihantar daun membran bertulang karbon. dan kompartemen crankcase bedanya tak dibobok, tapi justru dipoles. fungsi polesnya buat memperlicin siklus, agar singkat lanjut ke lubang bilas. nyambung dengan gaya bawaannya, identik digantung di 4000 rpm, untuk mengumpan torsi kian agresif.

Pertimbangan itu juga, tinggi lubang transfer naik 1,5 mm. "Tak hanya menambah debit gas segar yang dikompresikan, tapi identik membasahi silinder guna mereduksi suhu tinggi," urai M. Sunar mengutip statetmen Rema.

Merujuk, lubang buang didesain trapesium, lebar bawah bertambah 9 mm sisi kanan kirinya dan atas tambah lebar 4,5 mm sisi kanan kiri dan dilepas knalpot orsi modifikasi. Konversi power ke speed dilayani gigi rasio 1(37-12), 2(27-16), 3(24-20) dan 4(23-22). Produktif mengumpan speed, cuman bawaannya wajib dipanteng di rpm tinggi.

"Berdasar dari situ, perbandingan kompresi diplot di 9,2 : 1 dan disulut CDI standar," sebut Sunar. l pid

SPEK KOREKAN :
PISTON : Daytona, GIGI RASIO : 1(37-12), 2(27-16), 3(24- 20) dan 4(23-22), KAMPAS KOPLING : FR-80, PENGAPIAN : F1Z R 97, KARBU : Orsi remer 22 mm, MEMBRAN : Karbon.