Volkswagen Bekukan Program Motorsport, Mundur Dari Kejuaraan Balap Mana pun

VOLKSWAGEN POLO GTI R5. Tahun ini menjadi penampilan terakhir di balap rally.

Volkswagen baru saja mengumumkan penghentian seluruh aktivitas dan program motorsportnya mulai tahun depan. Seluruh kegiatan balap pabrikan asal Jerman ini distop, karena ingin fokus menata ulang sumber daya mereka ke produksi kendaraan listrik atau electric mobility.




"Brand Volkswagen sedang dalam perjalanan menuju ke leader di produk e-mobility. Karena itu, kami berusaha memperkuat sumber daya dengan menghentikan seluruh aktivitas dan program motorsport," ungkap Frank Welsch, chief development officer Volkswagen.



Penghentian seluruh aktivitas balap ini juga berarti akan menghentikan proyek kendaraan listrik balap, salah satunya proyek ID.R.  Proyek ini sebenarnya pengembangan kendaraan balap elektrik yang mana sudah diuji coba di beberapa sirkuit, seperti Pikes Peak dan Nurburgring. Bahkan, prototipe ID.R menjadi mobil listrik tercepat mengitari sirkuit Nurburgring. Tahun lalu, ID.R juga mencatat rekor kecepatan di Goodwood dan Tianmen Mountain.




Pastinya, penghentikan program balap ini juga berujung dengan diberhentikannya 169 staff di divisi Volkswagen Motorsport yang berpusat di Hanover. Selain itu, beberapa produksi mobil balap seperti Polo GTI R5 yang khusus untuk rally customer juga akan dihentikan akhir Desember 2020 ini, sehingga suplai spare part untuk mobil tersebut dan mobil lain seperti Golf GTI TCR menjadi tanda tanya.





naskah/foto : punk/istimewa