Alex Rins Terjatuh Saat Bersepeda, Gagal Tanding di Catalunya

ALEX RINS. Lagi kurang beruntung, empat kali DNF, kini absen karena terjatuh saat latihan bersepeda.

Ketidakberuntungan yang menaungi Alex Rins di empat Grand Prix, yang mana keempatnya juga berakhir dengan gagal finish akibat crash, rupanya masih berlanjut. Kabar terakhir, joki andalan Suzuki MotoGP ini mengalami kecelakaan, terjatuh saat berlatih sepeda.



Akibatnya, Rins mengalami retak pergelangan tangan, dan terpaksa absen di seri Catalunya yang berlangsung akhir pekan ini. Untungnya, setelah di CT Scan pasca tiba di rumah sakit, kepala Rins tidak mengalami hal-hal yang tidak inginkan, meskipun juga terbentur dengan keras.



"Alex Rins mengalami retak artikular di pergelangan kanan, tepatnya di tulang distal radius. Kami punya dua pilihan, yakni menutup retak tersebut dengan waktu pemulihan empat sampai enam minggu. Atau, sebagai alternatifnya harus operasi, dengan menanam dua baut di tulang tersebut," tutur dr.Xavier Mir, dari Departemen Traumatology dan Ortopedi RS Universitas Dexeus.



Insiden Rins ini benar-benar mengejutkan kubu Suzuki, karena kecelakaannya hanya berselang satu hari jelang weekend race MotoGP Catalunya. "Kami kaget dan kecewa mendengar berita ini. Alex sudah berlatih keras secara mandiri, dan tim juga bekerja keras untuk menaikkan performanya, tetapi cidera Alex ini bukan di saat yang tepat. Semoga, dia mendapatkan operasi yang lancar, pulih cepat dan kembali kuat," optimis Shinichi Sahara, direktur tim sekaligus project leader Suzuki.



Tim Suzuki sendiri belum berencana mencari pengganti Alex Rins, karena sangat sulit mendapatkan rider pengganti dengan waktu yang mepet. Meski begitu, test rider Suzuki yakni Sylvain Guintoli sudah punya agenda test di Catalunya di hari senin, satu hari setelah race MotoGP Catalunya.





naskah/foto : punk/suzuki