Dovizioso Uji Aprilia RS-GP di Mugello, Belum Maksimal Karena Terhalang Hujan

ANDREA DOVIZIOSO MENGGEBER APRILIA RS-GP. Untuk kali pertama di lintasan basah.

Intensitas uji coba Andrea Dovizioso bersama Aprilia Racing kian tinggi. Untuk kali kedua, pembalap asal Italia ini melakukan test motor Aprilia RS-GP di sirkuit Mugello Italia.



Selama dua hari, Andrea Dovizioso mampu menyelesaikan total 45 putaran, masing-masing 23 lap di hari pertama dan 22 lap di hari kedua. Sayangnya, uji coba kali ini sedikit terkendala hujan, yang mana kadang-kadang hanya gerimis diselingi terik matahari, namun di lain waktu hujan deras. Kondisi lintasan pun tidak serta merta menjadi basah total ataupun kering total.



"Saya sangat senang bisa kembali ke lintasan dengan motor Aprilia, apalagi dilakukan di sirkuit Mugello. Namun, kami belum beruntung dengan cuaca, jadi masih belum maksimal mengeksploitasi potensi mtoro. Grip-nya tidak ideal buat mentokin performa motor, jadi lebih fokus mencari kenyamanan dan memahami motor agar lebih enak di lintasan kayak gini," ujarnya.

 

 

BAKAL UJI COBA LAGI DI BULAN JUNI. Kemungkinan dilakukan di sirkuit Misano.



Meski begitu, tim Aprilia sudah bisa melakukan sedikit modifikasi terhadap RS-GP sesuai reguestnya, yakni beberapa ubahan riding position dengan jok dan tangki baru sehingga Dovizioso lebih enak dan nyaman menggeber motor tersebut.



"Meski bukan test resmi, uji coba kali kedua ini sangat penting. Tak hanya itu, kami juga bisa mencoba RS-GP di lintasan basah untuk pertama kalinya dengan Andrea yang mengemudikannya. Mungkin ada sedikit kekurangan untuk memaksa kemampuan motor ini, tetapi paling tidak kami tahu perkembangannya," tambah Romano Albesiano, direktur teknik Aprilia Racing.



Aprilia sendiri berencana menjadwalkan uji coba ketiga bagi Dovizioso di bulan Juni mendatang, yang mana kemungkinan besar dilakukan di sirkuit Misano.

 



naskah/foto : punk/aprilia