Mandalika Racing Series 2024 Bertambah Jadi Lima Seri, Sajikan Tiga Kelas Kejurnas & Ada Superpole Race

Tahun lalu, kejuaraan balap bertajuk Mandalika Racing Series menjadi salah satu kegiatan balap yang ditunggu penggemar balap tanah air, mengingat balapan ini mampu menghadirkan kompetisi balap nasional berstandar tinggi. Dan pastinya digelar di sirkuit bertaraf internasional, yakni di Pertamina Mandalika Racing Circuit di Lombok NTB.

 

Dan tahun ini, Mandalika Racing Series 2024 yang merupakan kolaborasi Pride Club sebagai penyelenggara, MGPA (Mandalika Grand Prix Association) dan didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini pun kembali hadir dengan pengembangan lebih lanjut, terutama dari sisi tata laksana kompetisinya.

 

Jika tahun lalu, hanya dihelat sebanyak tiga seri, maka tahun ini jumlah serinya diperbanyak menjadi lima seri dan semuanya digelar di sirkuit Mandalika. Ada pun seri perdananya, bakal berlangsung pada 2-3 Maret mendatang.

 

Selain jumlah seri yang bertambah, kategori balap pun dipertandingkan dalam segmen kelas utama kejuaraan nasional, yaitu kelas Sport 150cc, Sport 250cc dan Supersport 600cc. Selain itu, juga ditambah segmen kelas pendukung yaitu Underbone 150cc U-20, kelas Supersport 600cc dan Superbike 1000cc Community.

 

Yang menarik, regulasi balapan pun juga direvisi agar bisa ditingkatkan standarnya, salah satunya dengan membuka Superpole Session. Sesi Superpole ini dikonsep seperti Sprint Race dalam MotoGP, dengan jumlah putaran yang lebih sedikit dari main-race. Superpole juga digunakan untuk menentukan starting grid di main race 1 dan 2.

 

KALENDER MRS 2024
Seri 1 : 02-03 Maret
Seri 2 : 25-26 Mei
Seri 3 : 13-14 Juli
Seri 4 : 24-25 Agustus
Seri 5 : 19-20 Oktober

 

editor/foto : tim

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER