ASESORIS CALIPER SCOOP : Aura Mirip Motor Balap, Buang Panas Kala Touring

Berbagai cara kreatif diterapkan modilover guna mendongkrak kasta hasil garapannya, khususnya trend detailing yang kadang di luar nalar. Namun ketika ditelisik ada benarnya juga part yang diaplikasikan pada motor secara fungsinya, seperti air scoop kaliper cakram yang mengambil ide dari motor MotoGP ini. Desainnya benar, dipastikan berefek pada fungsinya.



Secara fungsi untuk memusatkan aliran udara pada satu titik yakni kaliper di cakram. Jadi desain model corong dengan penampang udara berdimensi lebih besar mengkerucut mengarah ke kaliper cakram. Memang secara efek tidak terlalu besar namun tetap ada imbasnya khususnya saat pengereman terutama ketika touring jarak jauh. Paling tidak, ikut membuang panas di cakram dan kalipernya.

 

DETAIL DAN FINISH. Bisa dikrom atau grafir.



Pemasangan adaptor air scoop kaliper tidak boleh asal. Beberapa titik yang bisa dipakai yakni baut cakram pada bottom shock atau as roda motor. Selain itu bahan yang dipilih juga wajib kuat. Alternatifnya serat fiber atau plat ketebalan 0,5 sampai 1 mm agar tetap kokoh menahan hentakan suspensi motor. Yang pasti, finishingnya juga bisa dikreativi, misalnya dengan karbon celup ataupun digrafir, biar tampilannya menarik tanpa mengurangi fungsionalitasnya.

 


naskah/foto : nda