HOTTEST KUSTOM RETRO TREND SETTER BY RETROIS JAMBI : Multi Inspirasi Trend Detailing Parts Dunia Kustom Ranah Jambi.

Kudu diakui, booming trend meranah retro kustom begitu membahana di negeri ini. Tak heran jika kini makin banyak bermunculan sosok-sosok builder retrois dengan berjuta ide, inovasi dan kreasi yang layak dijadikan inspirasi.

 

Salah satu yang patut diacungi jempol adalah karya-karya kustom segenap retrois Jambi dengan ragam keunikan trend anyar yang terpantau keren di ajang “WTC Motor Contest 2019” di Wiltop Trade Center Batanghari Jambi di momen pergantian tahun 2019-2020 kemarin. Penasaran? Yuk simak beberapa trend unik inspiratif mereka berikut ini.

 

ROCK & DIRT CLIMBER WHEELS

 

 

Terinspirasi sosok macho motor pendaki tebing dan penjajah lumpur, Adie ‘Momo Garage’ mengkreasi unik sepasang kaki-kaki CB150R Scrambler stylenya bareng cangkokan set karet ban tahu rujukan Primax Godzila SK51.

 

Tak asal pasang, doi sengaja menancapkan ‘gigi’ besi di sebagian besar tahu karet bannya dengan memanfaatkan baut kunci 8 yang ditancapkan mengulir kuat ke dalam ban tahunya. Selain mampu mendongkrak penampakan, soal fungsi so pasti berani diandalkan untuk mendukung kemampuan mencakar tanah dan bahkan batu cadas sekalipun.       

 

KNOCK DOWN DOWN TUBE FRAME

 

 

Demi memudahkan proses bongkar pasang dapur pacu maskot kustom Scorpio Brat Stylenya, Bintang Pradipta ‘Bintang 35 Custom’ merekonstruksi ulang penampakan down tube orsi Scorpionya. Ide ini lahir dari inspirasi konstruksi down tube motor-motor moge Jepang berkonfigurasi engine inline four dan juga V-Four yang mayoritas memiliki down tube knock down di salah satu sisinya.

 

 

Pemrosesannya mudah amun butuh kepresisian pengerjaan, dimana ujung atas dan bawah salah satu sisi down tubenya dipenggal dan didesain ulang berkonstruksi knock down dengan memanfaatkan kaitan sepasang baut L atas bawah untuk menguatkan penyatuan kembali batang pipa down tubenya. Dengan trik ini, proses pemasangan dan pembongkaran unit engine Scorpionya akan begitu mudah dilakoni.

 

UPSIDE DOWN CLUTCH & BRAKE HANDLE

 

 

Menyimak penampakan handle rem dan kopling Megapro Roundtank style milik M. Ridwan ‘WSS CustomPaint’, dijamin bikin penasaran. Coz sepintas mampu menghembuskan aura estetik tinggi yang jika dicermati lagi, ternyata menawarkan keunikan beda.

 

Yup, dikonstruksi terbalik, ujung tuas handlenya justru menghadap ke dalam dengan sistem ungkit tarik kawat baja kopling dan remnya berada di ujung luar setang. Tentu saja butuh pemrosesan ekstra dimana doi kudu membuat instalasi selang kawat baja kopling dan remnya di dalam pipa setang. Keuntungannya, selain unik, penampakan setangnya juga tampak lebih bersih dan simple tanpa keberadaan selang kawat baja kopling dan rem di luar setang.

 

BRASS KNUCKLE CLUTCH & BRAKE HANDLE

 

 

Mengejar penampakan dan imej gahar atas sosok urban cafe racer andalannya, Rahman Sari ‘FFA Work’ mengkreasi keren penampakan set handle rem dan kopling Yamaha TY-nya. Kali ini separuh panjang handle koplingdna remnya dipenggal dan lantas disambung ulang dengan material plat almu setebal 10mm yang didesain istimewa.

 

Konsep desainnya mengunggah inspirasi desain Brass Knuckle yang dibuat khusus berproses manual hand made, dimana lembar plat almu dilubangi di 4 titik sesuai ukuran jemari yang lantas tepiannya dipotong mengikuti alur tepian lubang jari. Endingnya, material handle ini disatukan ke tuas hanlde orsi dengan bantuan kaitan sepasang baut L.

 

ASYMMETRIC FENDER HOLDER.

 

 

Sesosok maskot Scrambler berjantung Megapro tampil unik bareng konsep asimetrisnya. Dimiliki Fiqo ‘Fiqo Jaya Motor’, kali ini doi rilis keunikan di penampakan tail sectionnya. Simak tuh rear fendernya, ternyata cukup kokoh dengan dikait single side fender holder yang dibuat dari bahan besi beton yang diproses roll dan sengaja didesain bersatu sisi kiri saja.

 

MOTORCYCLE WINCH

 

 

Ogah mau kalah dengan penampakan mobil-mobil off road kekinian, Adie ‘Momo Garage’ juga menginstal hand winch di anjungan depan CB150R Scrambler stylenya. Cukup dengan meminangnya di gerai peralatan teknik, unit hand winch yang mampu menarik beban hingga kisaran 550 kg ini dipasang kuat di sebuah braket pipa tubular tepat di depan set fork kustom mono springernya.

 

CARBURETOR CABLE LIGHTENING UNIT  

 

 

Pengen meringankan tarikan kabel gas karburator motormu? Coba deh ikuti trik keren dari Bintang Pradipta ‘Bintang 35 Custom’ ini. Kali ini doi sengaja mentransfer tarikan kabel karburator Scorpio Brat Stylenya dengan memanfaatkan lengan/tuas V shape berbahan plat besi yang ditancapkan di lambung tangki. Dengan perhitungan matang, tuas yang ditarik kabel dari throttle disetting lebih panjang dibanding tuas yang nantinya menarik skep karbu. Tujuannya jelas, yakni untuk lebih meringankan proses penarikan naik skep karbunya. 

 

Foto / Teks : Tito Monster