YAMAHA SCOPRIO '05 - SINGKAWANG : Chopbob Kalajengking Siap Melengking

Scorpio, yang punya basis engine satu silinder 225cc, terbilang motor yang enak diajak modif custom. Bukan hanya soal mesinnya yang ready dioprek ulang, rangka dan kaki-kakinya pun sudah mumpuni.

 

Nggak heran, cukup banyak rider dan penggila modifikasi custom yang memakai motor ini sebagai basis, termasuk squad MFS asal Singkawang Kalimantan Barat.

 

ENGINE. Ambil basis Scorpy 225.



Agar pakem dan rohnya sebagai chopper bobber maksimal, gerai MFS Singkawang memulai pengerjaan modif ini dari clean-sheet, menyertakan sebongkah mesin sebagai item utama.

 

So, rangka pun dibuat handmade, dengan racikan serba rigid untuk sisi belakang, mainframe yang kokoh di bagian tengah untuk menggendong engine, serta perhitungan sudut rake yang pas untuk menunjang kestabilan saat dikendarai.

 

SOK DEPAN. Andalkan bottom Byson.



Nah, rangka custom rigid ini, ditopang dengan sokongan utama berupa garpu teleskopik copotan Byson yang punya diameter bottom terbesar di kelasnya.

 

Lebih presisi, bottom sok ini digandeng linggisan sok yang lebih panjang, dengan T atas-bawah custom yang kokoh untuk menghela setang customnya.  "Karena suspensi hanya mengandalkan dari sisi depan, karena itulah jok kita custom diberi mini-per di bagian tengah," ucap squad MFC.

 

JOK. Single seat dengan mini-shock.



Sementara, tangki mungilnya sendiri diposisikan tepat di atas rangka utama, dengan desain yang simpel dan kapasitas tidak terlalu besar.  Tangki custom ini diberi finishing  warna merah candytone berefek gliter seperti ikan arwana, satu paket warna bersama spatbor sisi belakang dan rumah boks kelistrikan underseat.

 

RODA-RODA. Gambot dengan big spoke



Roda-roda, MFC meminang segelondong pelek custom beruji besar (big-spokes) dengan karet hitam Shinko Classic ukuran 5.00 ring 16 yang terlihat gendut tapi kekar.  Terakhir, beberapa item khas kustom culture ikut dipanteng, seperti lampu-lampu custom, monel hingga knalpot. "Saya juga sudah ubah starternya ala mobil, biar lebih praktis," tuturnya.

 

DETAILING. Resik dan rapi.

 


SPEK CUSTOM :
SOK DEPAN : Custom eks Byson, CAKRAM : Brembo, MASTER & KALIPER : Brembo, TROMOL : Custom dengan big spoke, SWINGARM : Custom rigid, PELEK DEPAN - BELAKANG : 3,5 & 4,0 ring 16, BAN : Shinko 5.00-16, KNALPOT : Custom, PIJAKAN KAKI : Custom by MFS, GAS SPONTAN : YZ125, EPOXY / CAT & CLEAR : Meiji - Spider/Sikkens HS, BUILDER / MODIFIKATOR : MFS Singkawang CP : 0812-5406-3035.

 



naskah/foto : punk