ICONIC BIKE SURYANATION 2018 : Sang 'Tosan Adji', Spirit Custom Yang Menginspirasi

Menjadi tradisi gelaran Suryanation Motorland, selalu menampilan Iconic Bike yang merupakan karya dari para jawara Suryanation tahun sebelumnya.



Iconic Bike tahun ini, dikerjakan oleh duet Lufti Ardika dan Andhika Pratama yang benar-benar selesai dan spesial untuk dipajang di gelaran Great Battle Suryanation Motorland 2018 di Makodam V Surabaya, 29-30 September silam. 

 



Iconic Bike 2018 ini diberi nama istimewa, yakni "Tosan Adji" yang bisa diartikan sebagai 'benda/besi yang sangat berharga', dengan platform engine Harley Davidson flathead seri WL keluaran 1947. Konsepnya adalah custom boardtracker, menggabungkan basis klasik ala boardtracker dengan sentuhan modern di banyak bagian motor.

 

 



Dari tampang trackernya, cukup banyak hal yang menarik, baik dari penggarapan rangka dan kaki, hingga detailing dan pernak-perniknya.  Bahkan, customisasi part vital seperti jok, tuas oper gigi hingga kopling terlihat artistik.

 

Dengan basis WL, memang masih digandeng girboks bawaan, namun sudah direstorasi agar fit untuk melaju. Undercarriage, profil lincah dengan diameter roda-roda besar dipilih, yang mana tromol custom beruji melingkar bareng pelek ring 21 inchi  berbalut ban Shinko E27. 

 

Overall, keseluruhan motor didominasi warna krom, sehingga terlihat sempurna dari sisi finishing.  "Motor ini bisa jadi inspirasi bagi siapapun yang ingin membangun motor kustom idamannya," tutur Lufti Ardika.



naskah/foto : punk