Modifikasi All New Honda Vario 160 ABS 2022 : Dikemas Gaya Fashion Harian Dengan Asesoris Full RCB, Siap Dipajang di Mandalika

ALL NEW HONDA VARIO 160 ABS. Lebih keren dipanteng asesoris RCB.

Menjadi salah satu model skutik paling gress yang diluncurkan Astra Honda Motor, All New Honda Vario 160 memang memikat dari banyak sisi. Tidak hanya dari desain, performa tetapi juga beragam fitur yang sudah disematkan sebagai standarnya.




Lebih menarik, All New Honda Vario 160 yang dikeluarkan dalam beberapa varian, seperti ABS, juga kian keren setelah disentuh modifikasi. Konsepnya, fashion harian dengan cukup memaksimalkan asesoris dan variasi aftermarket berkualitas, seperti yang ditawarkan oleh RCB Indonesia ini.

 

 

PELEK. Pakai RCB SP 811 dengan sedikit penyesuaian.




Satu hal yang bikin All New Honda Vario 160 ini kian ciamik dari sisi tongkrongan, ubahan kaki-kakinya. Kali ini, garapan RCB Indonesia 'mengakali' pelek RCB SP 811 yang sebenarnya diperuntukkan buat Yamaha Nmax namun rupanya oke juga dipanteng di Vario 160. "Memang butuh beberapa penyesuaikan karena pelek ini buat All New Nmax, tetapi tidak mengurangi kekuatan dan safetynya kok," yakin Robby Ganie dari R&D RCB Indonesia.




Rombakan perlu dilakukan karena pelek RCB SP 811 lebih lebar, depan jadi 3.00 x 13, sedangkan bawaannya Vario 160 2.15 x 14. "Pelek di kurangi dengan bubut hub bagian kiri dan kanan, disesuaikan dengan pelek asli Vario," jelas Robby yang memang jago dalam urusan teknis ini.

 

 

DISC BRAKE DEPAN. RCB S Series floating 220 mm.

 

Sukses menata kaki bagian depan, dilanjut ke kaki bagian belakang. Untuk pelek belakang, tidak banyak custom karena lebarnya sama-sama 3.50 meski diameternya mengecil. "Belakang hanya penyesuaian hub tengah, untuk kiri-kanannya aman tidak perlu penyesuaian,"lanjut Robby.

 


Begitu velg sudah terpasang tinggal setting sistem pengereman. Dan pastinya akan tetap memakai brand RCB. Sedikit tricky, karena akan dipanteng beberapa produk khas RCB, seperti disc brake dan kalipernya. Untuk cakram dipilih RCB S Series floating untuk depan diameter 230 mm, namun bagian luarnya dibubut turun jadi 220 mm. "Sengaja dikecilin, biar posisi kaliper RCB S1 double piston tetap sesuai bawaaan Honda Vario 160," jelas Robby.

 

 

TAMPILAN. Sporty dan kekinian.



Untuk pengereman sisi belakang ini, dipilih kombinasi kaliper RCB S2 single piston, dan selang rem RCB braided lines panjang 210 cm. Sementara bannya menggunakan produk Maxxis yakni seri Victra yang ukurannya naik 1 step, depan 110/70-13 dan belakang 130/70-13. Masih di area belakang, sokbreker juga ganti pakai RCB VS Black Series dengan tabung.

 

 

SOK BELAKANG. RCB VS Black Series model tabung




Kesan sporty semakin diperkuat dengan beberapa part racing yang biasa dipakai motor balap.Seperti lever guard, untuk melindungi handle master rem RCB S1 Radial warna silver. Spion pakai RCB S5 series, dan hand grip pakai RCB HG 55 yang jadi favorit di arena road race.  "Yang pasti, banyak part universal dan plug and play, misalnya knalpot pakai Proliner MAX 3 untuk Honda PCX 160," terang Robby, yang butuh waktu sekitar dua hari untuk menyelesaikan modifikasi Vario keluaran 2022 ini.

 

 

GRAFIS. Kombinasi emas-merah yang sporty.




Terakhir, modifikasi All New Honda Vario 160 ini dipungkasi dengan grafis warna merah-emas, dengan logo produk yang didistribusikan oleh PT Enwan Multi Partindo, mulai dari RCB, Uma Racing, knalpot Proliner dan R9, sampai logo Pertamina Mandalika MotoGP 2022. Warna emas juga menyesuaikan ubahan kaki-kaki yang sudah keren abis.



naskah/foto : tim

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER