YAMAHA RX-KING 1995 — CILEUNGSI : Ini Dia Gambaran Sang Raja Nusantara

RX-KING BAJAJ MOTOR CILEUNGSI. Konsisten hadirkan motor berkonsep airbrush.

Tak salah jika kita punya Bhinneka Tunggal Ika, sebagai semboyan pemersatu bangsa yang punya keanekaragaman suku, agama, ras dan budaya. Kebhinnekaan inilah yang coba digambarkan oleh modifikator sekaligus brusher berpanji Bajaj Motor asal Cileungsi, kala membedah RX-King milik konsumennya, yang enggan disebut namanya tersebut.



"Ini modifikasi saya yang kesekian kalinya, untuk yang ini terbilang spesial karena ada banyak nuansa airbrush realis di sana. Yang pasti, butuh waktu dan totalitas tersendiri untuk menggarapnya. Apalagi, sang owner juga punya motor modif lain, jadi yang satu ini harus beda," ungkap kreator Bajaj Motor.

 

TAMPANG. Terkesan sangat total.



Bukan perkara mudah untuk melebur sekujur tubuh RX-King berakte 1995 ini dengan saputan airbrush secara penuh, mengingat bodypart nya yang terbilang minimal, berbeda dengan motor bebek, skuter atau matic umumnya. "Akhirnya coba bikin tematik berbau suku budaya, yang kita timpakan semua part motor," tambahnya.

 

JOK FULL AIRBRUSH. Gambaran suku di nusantara.



Sebagai dasaran, diambilnya  oplosan cat Nippon, yang kemudian disambur finishing clear dari Cromax. Sementara, tema suku-suku di nusantara digambarkan dalam wujud mimik wajah para suku yang menunjukkan tiap karakter dan ciri khas masing-masing. Jika ditelaah, akan mudah melihat asal karakter sukunya, karena mengambil ciri dari pakaian adat masing-masing daerah.

 

WAJAH SUKU-SUKU. Digambarkan dengan detail, seperti pria suku Dani berpakaian Holim, yang dibalut clear Cromax.


Di tangki kiri misalnya, digambarkan para wanita suku Dayak dengan ikat kepala khas mereka. Ada juga barisan pria berpakaian beskap sebagai wakil suku-suku di Jawa. Para saudara kita dari Papua pun nyata, dengan pakaian Holim dari suku Asmat dan Dani di tangki atas. Sementara, di tangki atas juga tergambar beberapa wajah suku-suku lain, termasuk dari Maluku dan Minahasa.

 

COVER ENGINE SAMPING. Lebih detail beraura grafir floral.



Yang pasti totalitas karya pun maksimal, karena semua part tetap dimanfaatkan sebagai media narasi airbrush bertema suku nusantara ini, seperti halnya di cover kiri dengan corak para pria suku Mentawai atau barisan pemukul lesung di bagian pinggir jok. Lebih spesifik, juga disembur hingga spatbor depan dan belakang. Yang pasti, motif bendera merah-putih juga disaput melambai untuk mengisi ruang kosong, sekaligus menunjukkan pesona 'raja' nusantara.




Terakhir, kesan full airbrush ini juga dipadukan up grade aseso dan pernak-pernik, seperti di  area kemudi stang pun Bajaj memadati dengan master rem Brembo lengkap handgrip KTC. Sedangkan sisi stangnya difinishing chrome biar makin mempesona. Klop juga dengan custom grafir yang digarap di sektor engine.

 

KAKI BELAKANG. Tampil lebih kinclong dengan sentuhan full krom.




Selain itu jubah bodi, jok dan kemudi stang mengalami perubahan, langkah lainnya pun terlihat jelas di kaki-kaki dengan susunan variasi yang terlihat pada lingkaran pelek Rossy berclear airbrush ditopang dengan tromol pabrikan merah. Untuk ban hitam diperkokoh oleh profil IRC. Sebagai pelengkap pada sektor kaki tetap memerlihatkan seni pahat yang ada di behel hingga cover mesin berdetail merah lengkap pemanis chrome.

 



SPEK MODIF :
PELEK DPN & BLK : Rossy 215-17 & Rossy 250-17, BAN DPN & BLK : IRC NR 250-17 & IRC NR 275-17, KEDOK DPN : KLX, SWING ARM : Custom, MASTER REM : Brembo, SELANG REM : Morin, KNALPOT : Custom, KALIPER : RCB, SOK BLK : Showa, BRUSHER : Bajaj Motor, Cileungsi, CP (082261313670).

 


naskah/foto : masdon