HONDA SCOOPY 2010 - BATAM : Karena Wayang Kau Kusayang

SCOOPY JAVANESE ART. Bertema Batik dan Wayang.

Tak sia-sia jika Bagus yang mengibarkan bendera B-Goes Airbrush asal Batam menghabiskan waktu sebulan penuh untuk menyelesaikan salah satu masterpiece satu ini.  Dibumbui kerja lembur, kelar juga penggarapan Scoopy full airbrush bertema khas kultur lokal, yakni Batik dan Wayang.

 

TAMPANG LUAR. Terlihat menarik dengan full-airbrush.



"Kita bikin dengan konsepnya dimulai dari clean-sheet alias nol, lalu kita gambar dalam sketsa yang kemudian saya wujudkan dalam rupa airbrush realis ini," ucap Bagus membuka percakapan. 

 

Menurutnya, Scoopy memang enak ditimpa airbrush, mengingat semua bidang bodnya ekstra lebar, sehingga akan sangat cukup memadai untuk menggelar tema apapun.  Meski begitu, butuh kedetailan dan kombinasi warna yang pas agar tidak monoton dan terkesan penuh.

 

TEMATIK KHAS LOKAL. Sampai-sampai gantungan kunci pun berbentuk wayang mini.



Sebagai dasaran, Bagus memilih beberapa warna yang pas, tidak terlalu mengutamakan cerah atau gelap, namun baginya terlihat enak dipandang sehingga nantinya bisa membantu detail gambar keluar, alias bisa dipahami narasinya.

 

PROFIL DADA DEPAN KANAN. Tokoh Pandawa Lima paling kuat, Werkudara alias Bima.

 

"Saya akhirnya padukan warna pink candy sebagai warna utama, dengan beberapa garis klasik sebagai pembatas dan full efek gliter," tukasnya, sambil memberi aksen tribal klasik di beberapa bagian.

 

WARNA & DESAIN HELM. Disesuaikan pula dengan tema wayang di motor.



Agar lebih maksimal, oplosan cat yang dipakai tidak satu merek tertentu, namun mengutamakan komposisi terbaik. Karena itulah, dipinangnya Danagloss sebagai main-base berikut top color Spider, yang kemudian dipungkasi clear buatan Sikkens. 

 

TOTALITAS KARYA. Disembur hingga ke seluruh jok custom.

 

Oplosan ini full diterapkan di semua bidang bodi, bahkan menyentuh part-part lain seperti bottom sok, under floor deck, pelek monoblok hingga jok custom.

 

ORNAMEN BODI SAMPING FULL. Ki Semar dalam efek warna gelap.



Pastinya, ada beberapa tokoh atau karakter pewayangan yang dimunculkan dalam bidang Scoopy keluaran 2010 ini. Uniknya, tokoh-tokoh yang diunggulkan sebagian besar merupakan karakter protagonis, yakni kaum Pandawa. 

 

BEDA BIDANG BODI BEDA KARAKTER. Gatotkaca, si Penguasa angkasa.

 

Side body kanan misalnya, ada tokoh utama Pandawa yakni Janaka dengan ciri khas senjata panahnya. Sebaliknya, di bidang bodi kiri, ditimpakan karakter Semar. Berurutan, karakter-karakter lain pun digambarkan secara detail, mulai dari Gatotkaca, hingga Hanoman si kera putih.

 


SPEK MODIF
SOK DEPAN : Orsi, PELEK DEPAN - BELAKANG : Custom monoblok ring 12, BAN DEPAN - BELAKANG : 100/90-12, EPOXY : Nippe 2000, CAT : Danagloss/top color/spider, CLEAR : Sikkens, EFEK : Gliter, BRUSHER : B-Goes Airbrush - Batam CP : 0812-7600-6077, BIAYA MODIF TOTAL : Rp 5 jutaan, LAMA MODIF : 1 bulan.


 


naskah/foto : punk