YAMAHA R15 2015 - SURABAYA : Upgrade Total, Tampang Hedon & Kian Sangar

MODIFIKASI R15. Ubah jubah ala R6 dengan banyak update part variasi.

Dari standarnya, R15 sudah punya tampilan sporty dan dinamis, namun tampang orikintil saja belum cukup buat menaikkan pesonanya. Nggak heran, jika sebagian bikers mengupdate tongkrongan R15 ini dengan modifikasi yang lebih gahar, seperti yang dilakukan oleh Mohammad Khohar asal Surabaya ini.

 

 

BURITAN. Lampu custom Sharkpower.



Untuk menggarap ubahan R15 yang disuport bareng Agie Prasetyo ini, Khohar melakukannya secara bertahap. "Dulu modifikasi sih masih biasa, sekarang saya beri tambahan banyak part, jadi lebih komplit," tukas Khohar, yang menyebutnya sebagai modif hedon, karena cukup banyak menguras doku. "Modif iseng sih, tapi juga nggak terasa abis banyak juga," kelakar mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya ini.

 

 

DASHBOARD. Pasang aseso terkini.



Satu hal yang bikin R15 ini terlihat beda, dari tampang luarnya! Jubah sudah diperbaharui lewat tampilan body custom ala R6 hasil kombinasi model lawas dengan yang baru. Jadi, sudah kelihatan lebih garang, apalagi setelah semua lampu-lampu juga ditata, berikut tambahan projie, led custom untuk lampu alis dan stop lamp 3in1 Sharkpower.  Ikut dipanteng sebagai add on, winglet Koso plus visor model jenong dari Zero. "Spatbor juga dicover ulang produk Cha, dan untuk cover mesin dari Fastbike," tambah pemakai baut-baut Probolt ini.

 

 

LAMPU-LAMPU. Custom projie dan alis LED strip.



Kestabilan saat berkendara, juga semakin mantab setelah undercarriage dimaksimalkan dari produk aftermarket Ride It untuk sisi sok depan tipe up side down. Sementara, sisi beakang ditopang swingarm custom ala BMW dengan monosok Ride It. Lebih spesial, peleknya disembur warna candy yang mencolok, dari terlihat kontras.

 

 

BURITAN. Single seat digandeng ekor tinggi.



Tak hanya itu, roda-roda ditukar guling dengan pelek Axio 3,5 inchi dan ban Aspira Premio untuk sisi depan. Sedangkan rear end, menggunakan pelek yang sama ukuran 4,5 inchi, namun dibalut ban Dunlop Unbeaten 185/55. Pastinya, semua roda ditunjang paket pengereman full dari RCB, dengan double disc PSM di sisi depan dan single disc CR7 untuk sisi belakang. "Pakai RCB dari master depan-belakang dan kaliper depan-belakang," tambahnya.

 

 

SOK DEPAN. Mantap dengan double disc.



Paling fital, engine juga sedikit dioprek agar semakin ngacir. Kapasitas engine dinaikkan ke angka 180cc dengan paket bore up BRT62, noken BRT type R, lalu ganti klep dan per dari Kawahara. Pasokan fuel pun ditata ulang, dengan throtle body 42 dan injektor BRT, plus ECU Juken 5 Turbo. Saat diajak melaju pun mesin tetap adem, berkat pancangan radiator B-Pro.

 

 

CORONG KNALPOT. Produk Daytona dengan silencer leher Bluemoon.



Tambahan pernak-pernik dan variasi yang dipinang Khohar terbilang komplit, dari baut Probolt untuk full-fairing, kaliper, master, gear dan knalpot. Lalu ada underbone Nui dan frame slider Agna serta beberapa produk variasi Sharkpower seperti keypad dan tankpad.  Jadi, benar-benar dikompliti total.

 

MOH. KHOHAR. Modifikasi kedua yang kini semakin komplit dan lengkap.

 


SPEK MODIFIKASI
SOK DEPAN : Up side down Ride It, SWINGARM : Custom BMW, MONOSOK : Ride It, PELEK : Axio 3,5 & 4,5, BAN DEPAN - BELAKANG : 110/70 & 180/55, MASTER & KALIPER : RCB, BODYWORK : Custom R6 mix old-new, ENGINE : Korek harian bore up BRT62, VALVE SET : Kawahara, THROTLE : 42, ECU : Juken 5 Turbo, NOKEN : BRT, RADIATOR : B-Pro, INJECTOR : BRT 180cc, FILTER KOIL COP BUSI : KTC, CORONG VELOCITY : Stark, KAMPAS & PER KOPLING : CLD, SILENCER : Daytona bluemoon, VARIASI : Steering damper Ohlins taiwan, STANG : B-Pro, GEAR : Shinob, SPION : Agras, MASTER KOPLING : Accossato, PIJAKAN KAKI : Drive, FUEL CAP : Aitech, GAS SPONTAN : Xabre, HOLDER : Xabre/Vixion old, HANDGRIP : Rizoma, BODYWORK : By YBC, MODIFIKASI : By owner.

 



naskah/foto : punk