LFC700, Cruiser Pertama 'Benda' Bermesin 4 Silinder Segaris

BENDA LFC700. Cruiser bertampang modern klasik.

Ekspansi brand otomotif dari Tiongkok kian bejibun. Terakhir, giliran pabrikan Benda yang resmi merilis salah satu produk cruiser terbarunya, yakni Benda LFC700.



Ditilik dari tampang eksteriornya, Benda LFC700 ini hampir mirip dengan motor konsep LF-01 yang pernah dipajang Benda di ajang pameran China International Motorcycle Trade Exhibition tahun lalu. Rupanya, platform desainnya memang tidak jauh berbeda dengan motor konsep tersebut.

 

FITUR DAN KELENGKAPAN. Semua lampu sudah LED, display TFT dan ABS dual channel.



Yang menarik, LFC700 ini merupakan sebuah cruiser, namun tidak menggunakan basis mesin V pada umumnya. Dapur pacunya justru bermesin 4 silinder segaris kapasitas 680cc dengan pendingin liquid. Ada dua varian yang dirilis Benda, yakni versi standar dan versi High Power. Keduanya menghasilkan power yang berbeda.

 

Versi standar, bertenaga 84,4 hp di revolusi mesin 10 ribu rpm, dan torsinya mencapai 60Nm @ 8,000rpm. Sedangkan versi High-Power mampu mengeluarkan daya 92.5hp @ 11,000rpm dan torsinya 63Nm @ 8,500rpm.

 

 

DAPUR PACU. Pakai mesin 4-silinder inline 680cc.



Meski dirilis dalam dua varian, LFC700 ini punya versi produksi yang sama, baik bentuk luar ataupun fitur-fiturnya. Termasuk dengan tangki 20 liter, lampu-lampu serba LED, hingga TFT display yang dilengkapi navigasi. Yang sedikit membedakan, high power version sudah dilengkapi slipper-clutch. Top speed-nya antara 170 km/jam untuk varian standar, dan sekitar 195 km/jam untuk varian high power.



Semua fitur undercarriage juga plek, yakni sok depan model inverted dan monosok belakang dari KYB. Kedua roda sudah dibekali ABS dual channel, tetapi beda disc brake dan kaliper. Untuk yang standar pakai Nissin, sedangkan untuk High Power pakai Brembo.

 

 

TAMPANG EKSTERIOR. Desain rangka dan body yang terlihat kokoh.



Sayangnya, cruiser yang dijual di harga 38,8 ribu yuan untuk spek standar dan 45,8 ribu yuan untuk versi high power ini hanya dipasarkan domestik dan secara terbatas di beberapa negara Asia saja.

 




naskah/foto : punk/benda