HARTFORD HD200 COWBOY’S CHOPPER – TAIWAN : Urban Tracker Buah Kearifan Kustom Lokal Taiwan

HARTFORD HD200 COWBOY’S CHOPPER – TAIWAN : Urban Tracker Buah Kearifan Kustom Lokal Taiwan

Seiring dengan booming trend kustom yang makin mendunia, Taiwan pun kini juga tak mau kalah untuk ikut menyemarakkan euforianya.

 

 

Sama persis dengan fenomena kustom di Indonesia, para penggiat kustom di Taiwan pun juga akrab dengan basis motor berkapasitas cc kecil.

 

 

 

Salah satu yang terbilang menonjol akan karya-karya kustom fenomenal adalah Cowboy’s Chopper yang dipunggawai oleh Alex Gao. Dan ini adalah salah satu karya artistiknya yang mengusung jantung Hartford HD200. Sekilas info, Hartford adalah pabrikan motor di Taiwan yang telah beropreasi lebih dari 20 tahun untuk memproduksi motor-motor kapasitas cc kecil dan telah memasarkan produknya hingga pasar Eropa termasuk Inggris.

 

 

 

Meskipun Hartford dibilang sebagai motor non premium, beruntung Alex mendapatkan pelanggan yang bersedia memaksimalkan totalitas hasil akhirnya sebagai sebuah master piece kustom. Fuel tank peanuts berikut one-piece tail unit ala urban café racernya dibuatnya dari bahan lembar plat baja, sementara itu exhaust systemnya dibuat dari pipa stainless dengan diproses roll pasir tradisional.

 

 

 

Teknik roll pasir diproses dengan cara mengisi pipa stainless menggunakan pasir hingga padat, yang kemudian dimampatkan. Proses roll dilakoni dengan dibantu pemanasan bar alas untuk melenturkan pipa. Dengan adanya pasir padat dalam pipa, maka tak akan terjadi perubahan dimensi lingkar penampang pipa ketika pipa ditekuk.

 

Melanjutkan aksi, kali ini Elex memanfaatkan set frame jarahan Honda CD200 lawas yang sub framenya direkonstruksi cepak. Mendukung pemasangan pas atas unit mesin Hartfod, Alex juga harus membuat dudukan anyar untuk mesin anyarnya. Setelah terangkai sempurna, Alex seraya melapis krom total permukaan rangka CD200 tubular kustomnya.

 

 

 

Mendukung aksen artistik, Alex menyematkan unit rectangular head light yang diposisikan vertical lengkap dengan sepasang glass guardnya. Memaksimalkan kerapian, set kabel kelistrikannya disembunyikan dalam setang mini beach barnya.

 

 

 

Mendongkrak performa, ditanam pula unit 225cc bore-kit berikut sokongan karbu Keihin PZ30. Lalu, keseluruhan penampakan dapur pacunya diolah berfinishing kelabu berkat semburan sand blast, hasil akhirnya tentu terlihat lebih punya aura kustom disbanding lapisan silver orisinil pabriknya.

 

Pamungkas aksi, kedua lingkar kaki orisinil berset pelek almu palangnya digusur cangkokan set kaki-kaki spoky berpelek almu konvigurasi 19 dan 16 inch yang dikekang pasangan karet ban replika Firestone Deluxe Champions, berbrand Fuckstone.

 

 

Foto : The Bike Shed, Teks : Tito Monster