2018 YAMAHA XSR700 : SPORT HERITAGE

Retro biker kian mendapatkan pilihan kuda besi baru, menyusul kian banyaknya pabrikan yang merilis motor retro baru. Meskipun genre-nya masih berwujud klasik, tetapi banyak fitur-fitur modern yang disematkan di produk ini, termasuk dan Yamaha XSR700 dan Kawasaki Z900RS. Dua varian asal Jepang di kategori midlde-weight ini bertarung memperebutkan hati para penggila retro.


SEJATINYA, varian XSR700 ini sudah diperkenalkan Yamaha sejak tahun 2016 namun khusus pasar Eropa. Nah, tahun depan XSR700 siap dilempar ke belahan dunia lain, termasuk benua Amerika. Sekilas, tampang XSR700 terlihat sporty, gagah, dan bulky meskipun sudah diberi aksen neo-retro. Bisa dimaklumi, gaya ini tetap melekat di XSR700 karena basisnya adalah FZ-07 yang berbentuk sporty-naked.




Namun, XSR 700 punya beberapa elemen retrois, dari tangki custom baru bahan aluminium, lampu depan-belakang vintage serta jok baru yang juga bergaya vintage. Yang menarik, desain rumah lampu depan terlihat menonjol yang seperti pipa besar. Klasik ! Detailing, XSR700 juga mengedepankan unsurunsur metal klasik, termasuk tutup radiator hingga fender depan.

Dengan panel tangki dan steel subframe yang bisa dicopot pasang, XSR700 ditanam mesin twin-inline berkapasitas 689cc. Basisnya dari FZ-07 yang punya sudut konfigurasi crank 270 derajat. Undercarriage, tidak bisa dikesampingkan bagaimana gagahnya XSR 700 ini.

Pasalnya, ditanam garpu teleskpik 41mm berikut dual disc 282mm. Sedangkan sisi belakangnya, menganut swingarm dengan single-shock bercakram hidrolis 245mm. Rencananya, XSR700 ini bisa dipesan Oktober tahun ini dengan harga sekitar 8.499 US dollar dan ada tambahan seribu dollar untuk versi ABS. |


  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK