VESPA PX : "10 INCH TERROR"

Penggila mesin kanan tentu bakal geleng-geleng kepala dengan custom Vespa satu ini. Dibangun oleh builder Marek Nachlik asal Jerman, sebongkah Vespa PX dijejali mesin built-in Husqvarna 360cc. Ditunjang custom bodi yang aduhai dan rombakan kakikaki kejam, Vespa PX ini layak dijuluki "10 Inch Terror". Apa saja rombakannya ?


OPREK HUSKY ENGINE
Awalnya, Marek Nachlik kehabisan akal kala coba mengoprek PX lain karena sering overheat dan akhirnya mesin pun jebluk, sehingga dia menghabiskan cukup banyak waktu dan uang untuk mendandaninya lagi. Tak kurang akal, akhirnya dia memilih kombinasi custom rangka monokok PX dengan mesin baru comotan Husqvarna 360cc yang dioprek lagi. Oprekan pun nggak nanggung, semua jeroan dari piston, silinder, con-rod dioverhaul oleh tuner Powerseal asal Belanda. Selain itu, ada penambahan fuel pump Hardi, dan radiator custom. Semburan daya dan torsi pun naik, di angka 55 hp dan 45 Nm.

POSISI MESIN DI TENGAH
Tentu saja, aplikasi mesin bekas dirt bike ini gampang-gampang susah, karena dia berusaha tidak mengubah desain rangka dan bodi monokok Vespa. Akhirnya, mesin diletakkan sejajar di belakang main-bone dengan posisi 45 derajat. Penempatan mesin di tengah ini dimaksudkan agar distribusi berat bisa lebih baik, sehingga handling motor juga enak. Apalagi, bobot isi juga melonjak jadi 145 kg. Ini beda dengan Vespa standar yang mana mesin ada di sebelah kanan, rada sulit untuk bermanuver ekstrim atau cornering. Yang pasti, dibuatkan rangka custom baja 10 cm.




SUSPENSI KOLONG
Selain mesin, part spesial dari Vespa PX ini ada di kaki-kaki. Konstruksi suspensi belakang diambil dari custom swingarm Yamaha XS400 yang disokong monosok kolong dengan mekanisme yang sama seperti motor Buell. Swingarm ini diperkuat baut comotan Vespa Cosa. Pastinya suspensi ini lebih fleksibel namun kokoh, apalagi bracketnya terbuat dari plat baja setebal 2,5mm.

CUSTOM RODA 10 INCI
Sedangkan dimensi roda dipilih profil 10 inchi, dengan mengambil pelek Honda Comstar dicustom bareng drum brake CB750. Kombinasi pelek Comstar dan rem tromol ini lebih mudah, karena offset-nya kecil, sehingga tidak susah untuk menyeting penggerak rantai di sebelah kanan. Meskipun aslinya drum brake CB750 yang satu set dengan gearsprocket ini ada di sebelah kiri. Jadi, tinggal di balik saja.

KNALPOT PIPE DESIGN
Lekukan bodi Vespa memang terlihat menggembung dan bongsor, namun tetap aerodinamis dan menarik. Apalagi, Marek mengkombinasinya dengan sidepanel Vespa Sprint yang lebih ideal. Pastinya, juga cocok untuk menutupi leher knalpot yang superbesar berikut corong mengarah ke depan tersebut. Knalpot custom ini juga spesial, karena dipesan khusus ke Markus Rentzmann dari gerai Pipe Design asal Bremen.

SETANG AGRESIF
Terakhir, Marek mendandani sisi depan model chop, yang mana setang lebih ditekuk sehingga kedok lampu yang didalamnya dijejali lampu LED Adjure terlihat lebih kejam. Semua perangkat elektronik, pengkabelan, termasuk speedometer 'Motoscope Pro' digarap oleh Motogadget. Lalu, dimana tangki bensinnya? Marek rupanya jenius ! Berhubung rangka belakang habis oleh mesin, tangki baru ditempatkan di sisi depan atau tepatnya di bagasi tengah. l


  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK