SURYANATION MOTORLAND BATTLE #5 SURABAYA : Event Penuh Inspirasi, Hadirkan Tema “Inspiration in Action” di Kota Pahlawan

 

Tema baru “Inspiration In Action” digaungkan untuk memberikan inspirasi kepada pecinta dunia kustom dan roda dua di Surabaya.

 

Setelah digeber kencang di 4 kota besar yaitu Medan, Palembang, Makassar dan Denpasar, seri kelima Suryanation Motorland Battle 2019 menyapa builder-builder di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, 19 Oktober ini.

 

 

DISPLAY MOTOR CANTIK. Secakep sang model.

 

Pada tahun ini Suryanation Motorland membawa tema baru “Inspiration In Action” yang diharapkan bisa memberikan inspirasi dan juga memancing aksi dari para pecinta dunia custom dan roda dua.

 

“Surabaya merupakan salah satu kota yang memiliki antusiasme yang sangat tinggi terhadap dunia custom dan roda dua di Indonesia. Selain itu, Surabaya juga memiliki sejarah tersendiri untuk Suryanation Motorland karena pada tahun-tahun sebelumnya menjadi kota tempat berkumpulnya para juara dari setiap seri dan juga menjadi tempat penentuan The Greatest Bike Suryanation Motorland ” ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

 

BARISAN MOTOR-MOTOR CUSTOM. Menginspirasi.

 

Tahun ini Suryanation Motorland kembali menghadirkan beberapa kelas untuk Custom Bike Contest yaitu kategori dibawah 250cc (U250cc) dan diatas 250cc (A250cc) antara lain adalah :

 

Kelas Chopper / Bobber U250cc,

Scrambler / Tracker U250cc

Cafe Racer U250 cc

Street Cub / Choppy Cub U250 cc

Sport FFA, Chopper / Bobber A250 cc

Scrambler / Tracker A250 cc

Free For All (FFA)

 

Exhibition Class terbagi menjadi Classic Bikes, Classic Scooter, Matic Custom dan Moto-Art, seperti Pinstrip - Lettering, Best American V Twin, Best Mini Bike, Best Painting dan Recognition Awards (Suryanation Committee Pick, Media Pick dan Judges Pick).

 

GAMES SERU. Untuk komunitas.

 

 

Beberapa konten baru penuh inspirasi,  Games, Booth Apparel dan juga area F &B selain Custom Bike Contest. Pengunjung juga bisa melihat berbagai atraksi seperti freestyle show, pertunjukan live dari artworker, dan pertunjukan musik.  Atworker yang akan hadir pada tahun ini adalah Freeflow, Never Too Lavish dan juga Petrichor Tattoo.

 

DEWAN JURI. Memberi komentar dan ide saat sharing di sesi talkshow.

 

Untuk menilai motor-motor di Custom Bike Contest dilakukan oleh Veroland (Kickass Choppers - Jakarta) dan Dodi Irhas (Dodi Chrome Cycles - Jakarta). Juri tamu yang akan hadir dan membantu dalam penilaian motor-motor di Surabaya adalah Pete Pearson (Rocket Bobs Cycles) yang berasal dari Inggris.

 

Pete Pearson merupakan seorang builder yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam industri custom bike dan dikenal melalui workshop Rocket Bobs Cycle Works. Pete dikenal sebagai builder top Eropa karena banyak menciptakan sepeda motor yang dibuat khusus dan juga melakukan modifikasi motor Harley Davidson sejak tahun 2009.

 

Dari tangan dinginnya ia banyak meraih sejumlah penghargaan internasional. Bob sendiri dikenal sebagai builder yang mampu merancang dan merekayasa sepeda motor yang sangat fungsional, stylish dan detail. Ia juga peduli bagaimana menciptakan sebuah motor yang sempurna seperti yang diinginkan pelanggannya.

 

Builder asal Inggris Pete Pearson dari Rocket Bobs Cycles akan hadir sebagai juri tamu bersama dengan juri Suryanation Motorland 2019, Veroland dari Kickass Choppers Jakarta dan Dodi Irhas Begawan Dodi Chrome Cycles, Jakarta.

 

Kehadiran juri tamu di setiap seri Suryanation Motorland Battle ini merupakan salah satu konten yang baru dihadirkan pada tahun ini. Dengan mengundang beberapa builder internasional di setiap seri diharapkan dapat menarik perhatian custom scene internasional sehingga Indonesia bisa dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki custom scene yang kuat.

 

Selain Bob Pearson, builder-builder internasional lainnya yang sudah  hadir di acara Suryanation Motorland Battle dan memberikan inspirasi adalah Samuele Reali (Abnormal Cycles – Italia) di Medan, Christian Sosa (Sosa Metalworks - Amerika Serikat) di Palembang, Kaichiroh Kurosu (Cherry’s Company - Jepang) di Makassar dan Winston Yeh (Rough Crafts – Taiwan) di Denpasar.

 

Pengunjung yang datang juga bisa melihat beberapa tenant yang akan hadir di lokasi acara yaitu: Tigrehood, Von Dutch dan juga booth dari Royal Enfield, Kawasaki dan Ducati. Noah Band dan The Hydrant akan memberikan pertunjukan musik yang akan menghibur pengunjung dan peserta Suryanation Motorland Battle di Surabaya tahun ini.

 

Suryanation Ride akan mengawali rangkaian Suryanation Motorland Battle di Surabaya bersama dengaan rombongan beberapa rider yang dipimpin oleh Bucek dan Ucup Lawless. “Tema dan konten baru yang kami hadirkan pada tahun ini diharapkan tidak hanya memberikan inspirasi dan pembelajaran tetapi juga semakin membuat dunia custom Indonesia semakin berkembang.”tutup Rizky.

 

Rangkaian acara Suryanation Motorland 2019 akan ditutup dengan Suryanation Motorland Show Off yang akan mengumpulkan semua pemenang The Best Region dari masing-masing kota yang akan diadakan di Jakarta pada bulan November mendatang.

 

 

 

 

FACTSHEET SURYANATION MOTORLAND 2019 - SURABAYA

 

VEROLAND (KICKASS CHOPPERS)

Veroland atau dikenal dengan sapaan Vero mulai melakukan modifikasi pada motor pada tahun 1995. Pada tahun 1999 ia mulai untuk memodifikasi dan menjual motor karyanya untuk orang lain. Vero memiliki sebuah workshop yang mudah ditemui di Jl. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

 

Pengalaman yang dimiliki oleh Vero sebagai builder berhasil membawa namanya untuk hadir di acara Asian international Motorcycle Expo (AIME) yang diadakan pada tahun 2007 di Kuala Lumpur, Malaysia. Nama Veroland semakin berkembang pesat seiring dengan berkembangnya dunia custom di Indonesia. Banyak motor buatannya yang mendapatkan pengakuan dan diliput oleh media internasional.

 

Motor karyanya juga pernah menang pada acara AMD Motor Plus Show Bike Fighting 2017 di Indonesia. Pada tahun lalu, motor buatannya dengan basis Harley Davidson Panhead tahun 1948 diikutsertakan pada ajang American Motorcycle Dealer (AMD) World Championship of Custom Bike Building yang diadakan di Intermot, Koeln, Jerman. 

 

Salah satu pencapaian terbesar yang didapat oleh Veroland adalah sasis motor buatannya ternyata berhasil mendapat apresiasi dan dibeli oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi beberapa waktu yang lalu.

 

DODI IRHAS (DODI CHROME CYCLES)

Nama Dodi Irhas sudah malang melintang di dunia custom Indonesia dengan nama Dodi Chrome Cycles sejak tahun 1990. Salah satu karyanya yang mendapat pengakuan internasional adalah sebuah motor Harley Davidson Evo 1997 bergaya Pro Street  yang pernah menjadi juara di acara Phuket Bike Week, Thailand selama 3 kali berturut-turut (2005-2007).

 

Motor buatannya juga sempat dijadikan ikon oleh RC Components salah satu spare part custom ternama asal Amerika Serikat. Prestasi lain yang pernah ditorehkan oleh Dodi adalah juara 1 The Lord of Radical Class Custombike Contest Jakarta Anniversary Bike Week 2006, Juara I Pro Street di Jogja Bike Rendezvous 2005-The Best Paint dan The Best People Choice (Bunglon), Juara I Chopper (Hell Raiser), Juara II Chopper (Balinesse Chopper), Juara I Pro-Street (Unlimited Bike) di ajang JBR 2006, Juara I The Lord Of Radical ( Unlimited Bike), Juara III (Predator) di kontes Jakarta Anniversary Bike Week 2006, Finalis Asian Custom Bike Championship di arena Asian International Motorcycle Expo 2007 di Kuala Lumpur Malaysia, 18-21 Oktober 2007

 

Ia juga merupakan salah satu builder senior Indonesia yang pernah mengikuti ajang Amerian Motor Dealer (AMD) mewakili Indonesia. Sebagai builder, Dodi Chrome Cycles dikenal sebagai builder yang berpegang teguh pada idealisme dalam berkarya, fokus pada detail, konsep yang orisinil dan juga memiliki kualitas finishing yang sangat rapih.  Untuk membuat beberapa parts dalam membangun motor, Dodi banyak membuat parts yang disesuaikan dengan style motor yang akan dibangun.

 

PETE PEARSON (ROCKET BOBS CYCLES - INGGRIS) 

Pete Pearson merupakan seorang builder yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam industri custom bike melalui worksop Rocket Bobs Cycle Works. Ia dikenal sebagai builder top Eropa karena banyak menciptakan sepeda motor yang dibuat khusus dan juga melakukan modifikasi motor Harley Davidson sejak tahun 2009.

 

Dari tangan dinginnya ia banyak meraih sejumlah penghargaan internasional. Bob sendiri dikenal sebagai builder yang mampu merancang dan merekayasa sepeda motor yang sangat fungsional, stylish, dan detail. Ia juga  peduli bagaimana menciptakan sebuah motor yang sempurna seperti yang diinginkan pelanggannya.

 

FAHMI (FREEFLOW KUSTOM)

Freeflow Kustom adalah sebuah workshop yang mempunyai spesialisasi mengerjakan “kustom painting” pada berbagai media. Pada awalnya fokus mengerjakan pada motor” custom, tapi seiring berjalannya waktu, sampai sekarang sudah mengerjakan ke berbagai media, seperti mobil, helm, jacket, sepatu, tas, bahkan sampai pembuatan mural atau sign lettering di restoran atau cafe”.

 

Freeflow didirikan pada tanggal 26 Juni 2003. Dari awal, Ia memulai usahanya sendiri sampai sekarang sudah mempunyai 6 orang staff  yang membantu. Di tahun 2003 mereka sudah berusaha mendalami berbagai macam teknik di dalam “custom paint” ini. Dan bisa dikatakan di wilayah Asia Tenggara Freeflow merupakan workshop custom paint yang komplit karena menguasai berbagai teknik mulai dari pinstriping, hand lettering, hand painting, goldleafing, metalflakes, airbrush, dan candies.

 

Di tahun 2005 beberapa karya mereka sudah mulai menyebar ke kota-kota besar di Indonesia, sampai akhirnya di tahun 2009 mulai menyebar ke negara-negara tetangga, dimulai dari Malaysia, lalu ke Singapura dan Brunei. Dan sampai sekarang sudah mempunyai loyal customer di masing-masing negara tersebut.

 

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Freeflow adalah Best custom paint di Event Bandung Bikes Week (HDCI Bandung) 2013, Best custom paint Kustomfest 2016, Steve Caballero’s pick Custom Paint Contest di Yokohama Hot Rods Custom Show 2015, Jepang, Guest pinstripe artist The Boogaloo Invitational di Melbourne, Australia; Best custom paint di Wicked Wallops 2018, Singapore; Best custom paint di Art Of Speed 2018, Kuala Lumpur, Malaysia; Best custom paint di Suryanation Motorland 2018 Kota Jakarta.

 

ANNEKE FITRIANTI (PETRICHOR TATTOO)

Didirikan pada 2010 oleh Anneke Fitrianti, Petrichor Tattoo Studio telah menjadi salah satu studio tato terbaik milik wanita di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Menekankan profesionalisme, pengalaman, dan kebersihan, Petrichor Tattoo menawarkan layanan dalam pembuatan tato, dengan pemahaman yang baik tentang berbagai gaya dan desain tato, mulai dari potongan yang sangat sederhana hingga karya yang membutuhkan perhatian ekstra terhadap detail.

 

Anneke Fitrianti, pendiri, pemilik, dan seniman utama dari Petrichor Tattoo Studio yang lahir di Bandung tahun 1985; memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman sebagai seniman tato, dan merupakan spesialis tato garis dan hitam. Menurut Anneke, tato adalah "pakaian baru" untuk tubuh telanjang.

 

Tato tidak ada di sana hanya untuk menutupi warna kulit kusam Anda atau memotong kontur tubuh Anda dengan trik visual. Mereka juga dapat mengekspresikan kepribadian Anda, pikiran Anda, dan dunia di dalam diri Anda. Ini adalah presentasi dari dunia praktis serta pikiran abstrak.

 

Dengan pengaruh dari Frank Miller, Tim Burton dan Joshua Clay, Petrichor Tattoo memiliki keahlian di antaranya: Blackwork / Linework Tattoos, Illustrations, Digital Drawing dan Pop Arts.

 

BERNARD (NEVER TOO LAVISH)

Never Too Lavish berawal dari usaha jualan barang branded melalui Instagram. Bernhard Suryaningrat sebagai leading artist membuat Never too Lavish tidak lagi menjual barang-barang branded tetapi berubah menjadi bisnis custom barang-barang fashion branded.

 

Never Too Lavish mencoba jasa yang sedikit lebih rumit, hanya beberapa bulan saja sejak berdiri. Mereka menjajal jasa decon-recon alias dekonstruksi dan rekonstruksi. Sesuai namanya, mereka mengganti material sebuah barang dengan material lainnya. Kebanyakan barang konsumen yang jadi objek decon-recon adalah sepatu-sepatu branded.

 

Nama Never Too Lavish semakin dikenal ketika Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menggunakan produk custom mereka yaitu jaket dengan desain pulau Indonesia. Sejak saat itu pelanggan mereka meningkat pesat.      pid