Singapura Larang 'Motor Tua' Beredar Mulai 2028

PENGGUNA MOTOR DI SINGAPURA. Kebanyakan produk keluaran baru.

Singapura memastikan larangan penggunaan sepeda motor tua di jalan raya mulai tahun 2028 mendatang, dengan tujuan mengurangi polusi dan meningkatkan kualitas udara, sesuai yang diarahkan oleh National Environment Agency (NEA) Singapura.



Rencananya, larangan ini akan dilakukan secara bertahap, yang mana motor-motor 'tua' yakni motor yang didaftarkan sebelum 1 Juli 2003 baru benar-benar tidak diperbolehkan dipakai di jalan raya dimanapun di Singapura per 1 Juli 2028. Sementara, mulai 1 April 2023, hanya motor yang sudah lolos Euro4 yang bisa dipakai.  Khusus motor-motor dari luar negeri, terutama yang hanya melintas masih diperbolehkan melewati.



Sementara, bagi yang masih ingin 'memelihara' sepeda motor yang sudah didaftarkan sebelum 1 Juli 2003 tersebut masih bisa dilakukan harus menunggu hingga motor tersebut benar-benar disebut sebagai motor klasik atau Classic Vehicle Scheme. Di Singapura, sepeda motor klasik dikategorikan sebagai motor yang telah berusia 35 tahun dari saat pertama kali didaftarkan.




editor : punk, foto : istimewa