Jupiter Z1 2020, Kini Ada Tiga Pilihan Warna Metalik Gress

VARIAN WARNA YAMAHA JUPITER Z1. Metalik biru, merah dan hitam.

Meskipun pangsa motor bebek tidak sebanyak skutik, namun pemainnya masih  bertebaran. Satu varian legendaris yang masih bercokol di kasta bebek under 125cc adalah Jupiter Z1 dari Yamaha Indonesia. Nah, di tengah tahun ini, Jupiter Z1 dirilis dengan refreshing warna dan grafis baru.



Yamaha Indonesia merilis tiga varian baru untuk kuda pacu bebek Jupiter Z1,  yakni Metallic Blue, Metallic Red, dan Metallic Black. Sekilas, tampilan luar dengan dasaran warna baru ini semakin menarik, fresh dan sporty. Apalagi ditunjang dengan grafis anyar, terutama pinstrip dan tulisan Jupiter Z1-nya. Selain itu, ada kombinasi stripping putih di pelek untuk warna biru dan merah, sehingga semakin mengisyaratkan gaya sporty khas Jupiter Z1.



"Z1 tahun ini kami release dengan warna dan stripping baru, tetap menunjukkan ciri khas Jupiter Z1 yang sporty modern," ungkap Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Yordan menambahkan, ketangguhan, keiritan, dan keandalannya dengan teknologi terkini dapat menjadi pilihan terbaik konsumen di kategori motor bebek untuk membantu aktivitas berkendara sehari-hari.

 

METALLIC RED. Terlihat sporty, dengan tambahan strip di lingkar peleknya.



Meskipun ada tiga warna baru, secara spesifikasi mesin dan fitur-fiturnya, Jupiter Z1 yang dilego dengan harga Rpr 18,110 jutaan ini tidak berubah alias sama dengan generasi sebelumnya. Dapur pacunya masih menggunakan engine 1 silinder SOHC injeksi, dengan kapasitas 113cc. Tenaga yang dihasilkan 10hp di revoluasi mesin 7500 rpm dan torsinya 9,8 Nm di putaran 6750 rpm. Transmisi masiih pakai 4 percepatan.

 


Saat ini, Jupiter Z1 merupakan salah satu model bebek (moped) yang masih dipasarkan oleh Yamaha Indonesia, selain varian Yamaha Vega/Force, Yamaha Jupiter MX150 dan Yamaha MX King. Beberapa produsen lain yang juga masih memasarkan model bebek adalah Astra Honda Motor dengan Supra X125, serta Suzuki dengan FU150.



SPESIFIKASI JUPITER Z1
Panjang 1935mm
Lebar 680 mm
Tinggi 1065 mm
 Wheelbase 1240 mm
Ground clearance 150 mm
 Jarak jok ke tanah 765mm
Bobot kendaraan 101 kg (Spoke wheel) ; 102 kg (Cast wheel)
Tipe rangka Backbone
Suspensi depan telescopic
Suspensi belakang swing arm
Rem depan cakram
Rem belakang drum
Starter kick & electric
Diameter x langkah (mesin) 50,0 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi (mesin) 9,3 : 1


naskah/foto : punk/ymh