Digugat Jeep, Mahindra Tidak Jual SUV 'Thar' di Australia

MIRIP TIPIS-TIPIS. Jeep dan Mahindra.

Produsen otomotif India, Mahindra & Mahindra, tidak akan menjual sport utility vehicle (SUV) Thar di Australia, karena berpotensi tersandung masalah hukum dengan Jeep. Pasalnya, Stellantis, induk perusahaan Jeep, mempermasalahkan desain Mahindra Thar yang diklaim mirip dengan Jeep Wrangler.



Mahindra tidak bisa menjual Thar di Australia setelah Jeep mendaftarkan laporan itu ke Pengadilan Federal. Mahindra Thar diperkenalkan pada 2010. Sebelumnya, mobil berdesain ikonis itu sudah dibuat Mahindra dengan nama Roxor pada 1949, dengan mengantongi lisensi dari Willys Overland Corporation.



Sejak itu, Mahindra telah berinvestasi besar-besaran dalam R&D untuk mengembangkan dan menyesuaikan kendaraan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan di pasar yang berbeda di seluruh dunia. Kendaraan telah mengalami beberapa iterasi termasuk CJ3B, MM540, MM550, CJ340, CJ4 dan variannya saat ini.



Jeep dan Mahindra memang menjalin kerja sama dalam pembuatan mobil CJ-3, karena odel tersebut diminati oleh banyak negara di dunia sementara kapasitas produksi Jeep terbatas. Mahindra terus menggunakan model tersebut sebagai basis dari produk lainnya hingga 2010, dan kemudian mereka meluncurkan sport utility vehicle atau SUV Mahindra Thar sebagai penggantinya.**