Kerennya Ford Bronco Generasi Enam, Panel Bisa Dicopot, Interior Bisa Dicuci dan Ada 11 Pilihan Warna Body

FORD BRONCO GENERASI 6. Sekarang ada varian empat pintunya.

Salah satu varian legendaris dari Ford yakni Bronco generasi ke-6 spek 2021 sudah direlease. Kuda pacu bergenre off roader ini muncul dengan banyak pilihan, dari dua varian mesin, versi dua atau empat pintu hingga pilihan warna yang ada 11 macam.

 


Generasi ke-7 dari Ford Bronco ini dirilis dari basis T6, sama seperti Ford Ranger. Secara tradisi, Ford Bronco hanya dikeluarkan dalam varian dua pintu bersasis ladder-frame, namun karena dari basis T6 tadi, tersedia juga dalam varian empat pintu. Baik varian dua atau empat pintu, tersedia dalam tujuh trim, yakni varian standar, Big Bend, Black Diamond, Outer Banks, Wildtrak, Badlands dan First Edition, yang semuanya berjumlah 3500 unit saja. Harganya, mulai US$29,995 untuk varian dua pintu, dan mulai dari harga US$34,695 untuk varian empat pintu.

 

SASIS. Dari basis T6, seperti punya Ford Ranger.

 


Ford Bronco ini tersedia dalam dua pilihan engine bensin, yakni 4 silinder segaris 2300cc EcoBoost turbocharged, yang bisa mengeluarkan daya 270 hp dan torsi 420 Nm. Sedangkan satu varian lain adalah engine 2700cc Ecoboost Turbo yang memproduksi daya 310 hp dan torsi 542 Nm. Girboks manual dari Getrag 7 percepatan hanya dipasang di varian 2300cc, namun untuk transmisi matik 10 speed ada di semua varian engine.

 

GIRBOKS. Pilihan manual 7 speed atau matik 10 speed.

 


Semua varian ini dibekali Terrain Management System plus mode kendara bernama G.O.A.T. (Go Over Any type of Terrain). Lima mode untuk varian standar, enam untuk varian Big Bend dan Outer Banks. Lalu tujuh mode untuk Black Diamond, Badlands dan First Edition. Dan ada dua pilihan transfer case, yakni 4X4 standar dan 4X4 otomatis.

 

 

BRONCO 2 PINTU. Panel body bisa dicopot, termasuk pintu.



Dari sisi bodywork, Ford Bronco 2 pintu bisa dipasangcopot sisi atasnya, baik kanan-kiri ataupun yang belakang. Ada juga versi modular yang bisa dipasangcopot di bagian jok belakang dan area cargo. Untuk Ford Bronco 4 pintu, ada empat bagian yang bisa dipasangcopot, yakni sisi kiri dan kanan, bagian tengah full dan belakang.

 

DASHBOARD. Tahan air dan gores.

 


Pintu-pintunya juga removable, yang mana spionnya dipasang di bagian pinggir kap sehingga spion masih bisa dipakai saat pintu dicopot. Uniknya, di varian empat pintu, pintu yang dicopot bisa disimpan di tas pintu yang terletak di bagian belakang. Di beberapa varian, lantai kabin diberi lapisan karet sehingga tahan air. Dan karena jok dilapis juga dengan vinyl, maka tahan air dan goresan. Semua part dashboard juga dilengkapi karet silikon seamlesss sehingga aman dan tahan air.

 

FORD BRONCO. Tersedia dalam dua pilihan engine bensin Ecoboost.



Di dalam kabin, grab handle menyatu dengan panel instrumen modular dan konsol tengah. Sedangkan Molle hook ada di jok belakang. Ada juga pegangan untuk pemasangan rak, plus tambahan colokan 12 volt untuk charger kamera, hp atau alat navigasi.  Karena Bronco ini dilengkapi dengan sistem infotainment 12-inch Sync 4 infotainment yang suport dengan aplikasi Fordpass Perfomance, maka bisa juga konek ke kamera 360 derajat.  Yang pasti, ada paket lux yang didalamnya terpasang 10-speaker B&O sound system, a heated steering wheel, 2 buah USB smart charging ports, voice activated touchscreen navigation dan wireless charging pad.

 

 

KOMPARTEMEN BELAKANG. Kuat dan muat banyak.



Fitur safety di Ford Bronco ini juga komplit, dari airbag depan, airbag sisi samping, roll stability control dan trailer sway control. Di paket standar, ada Co-Pilot360 untuk pre-collision assist dan AEB, BLIS untuk cross traffic alert, lane keeping assist, auto high-beam headlamps dan kamera belakang. Di varian tertinggi, sudah termasuk kamera 360 derajat, Forward Sensing System, lampu spion LEDS, sedangkan di paket Lux ada tambahan Evasive Steering Assist.

 



naskah/foto : punk/ford