MODIFIKASI SUZUKI JIMNY : Konversi Gaya Mercedes-Benz G500 Mini

MODIFIKASI JIMNY ALA G500. Terlihat mungil dibandingkan penampakan asli G500.

Sejak dirilis ulang dengan desain yang lebih modern, tampang Suzuki Jimny sangat memikat pencinta Jimny. Sampai-sampai, indennya bejibun dan konsumen butuh waktu lama untuk mendapatkannya. Meski begitu, ada juga yang sudah memodif ulang Jimny terbaru ini dengan gaya yang lebih gahar.

 

 

SISI DEPAN. Tambahan overfender dan tutup kap.



Kali ini, gerai custom Fast Car Service Centre (FCSC) asal Dubai justru menjadikan Suzuki Jimny gress ini sebagai bahan untuk modifikasi ala Mercedes-Benz G-Class. Acuannya pun garang, yakni varian G500 4×4². Memang, jika dikomparasikan keduanya tidak fair karena sangat jomplang, namun hasil akhir modifikasi ini 11-12 alias mirip bingits !

 

 

TAMPANG DEPAN. Terlihat sama persis, dilengkapi custom grill dan bumper, tinggal pasang badge.



Sekilas, tampang luar Jimny gaya G500 ini terbilang mini kala diparkir bareng G500 aslinya. Bisa dimaklumi karena dimensi Jimny memang kompak, kalah size dari G500. Meski begitu, FCSC tidak serta merta merombak total body luar atau membuang semuanya, tetapi tetap menyisakan panel body original Jimny, dari bumper, grill, bonnet dan sisi samping. Namun, semua ditata ulang dengan plat dan dikomestik sehingga mirip dengan G500 versi baby alias mini.

 

 

JIMNY VERSUS MERCY G500. Layaknya David versus Golliat?



Selain itu, Jimny ini juga mendapatkan beberapa part custom lain, seperti side-exhaust, overfender, tutup ban serep belakang, asesoris lampu-lampu yang sama persis dengan G500 serta V8 badge, meski aslinya masih menggunakan mesin Jimny seri K15B berkapasitas 1500cc. Sekali lagi, tidak fair jika dibandingkan dengan mesin G500 aslinya yang bertipe M176 konfigurasi V8 berkapasitas 4000cc. Tenaganya 416 hp, empat kali lebih besar dari Jimny yang hanya 100 hp.

 

 

BURITAN. Dilengkapi penutup ban serep.



Sementara, interior tidak diubah secara drastis, hanya tata ulang cover jok dan beberapa part fital agar lebih mewah. Pastinya, kala Jimny ini disandingkan dengan G500, terasa betul jika tampangnya lebih mungil, dengan perawakan mini size. Layaknya David versus Golliat ?




naskah/foto : punk/arabgt