Ini Resiko Memakai Injector Cleaner Terus Menerus

PERAWATAN MESIN INJEKSI. Pembersihan bisa dengan cairan injector cleaner.

Kuda pacu jaman now, tentu sudah dijejali teknologi pemasok fuel dengan injeksi untuk menyalurkan campuran bahan bakar saat proses pembakaran. Sistem injeksi ini tentu merupakan kesatuan part yang didalamnya terdapat injector yang perlu perawatan berkala. Cara termudah merawat dan membersihkan injector adalah dengan pembersih injeksi atau injector cleaner. Apa manfaatkan injector cleaner ini?



Seperti namanya, injector cleaner merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan komponen injektor di sistem EFI. Injector cleaner berbeda dengan carbon cleaner. Meski sama-sama berfungsi membersihkan, carbon cleaner lebih fokus ke pembersihan kerak, terutama di dalam throttle body, piston dan dalam silinder.



Sementara, injector cleaner lebih pada pembersihkan di lubang-lubang injector sehingga bersih dari sisa pembakaran biar tidak tersumbat.  Dengan begitu, proses penyuntikan fuel akan lebih lancar sehingga proses pembakaran juga kian sempurna. Selain itu, injector cleaner juga membantu membersihkan part yang tersambung dengan injector, dari komponen valve, kepala piston hingga ruang pembakaran.

 




Cara Menggunakan Injector Cleaner



Pada dasarnya untuk menggunakan cairan injector cleaner ini cukuplah mudah selama Anda memiliki alat-alat yang dibutuhkan. Yang perlu Anda lakukan ialah memasang cairan injector cleaner tersebut ke alat pembersih yang biasa digunakan pada bengkel untuk kemudian disalurkan ke konektor saluran bensin. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyalakan mesinnya dan secara otomatis alat tersebut akan membersihkan bagian komponen injektor.

 

 

CLEANER TIPE SEMPROT. Praktis namun beresiko.



Ada juga injector cleaner yang berbentuk cairan semprot, yang mana cara penggunaannya tinggal semprot ke dalam throtle body, namun cleaner jenis ini tidak terlalu efektif karena tidak membersihkan secara keseluruhan hingga bagian dalam. Selain itu, juga kemungkinan merusak komponen lain terutama sensor, karena banyak injector cleaner tipe semprot abal-abal dengan kandungan/komposisi yang tidak jelas.

 



Risiko Menggunakan Injector Cleaner Terlalu Sering



Namun perlu diketahui juga bahwa penggunaan injector cleaner ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Karena jika berlebihan justru akan memberikan dampak yang sebaliknya. Seperti mesin kendaraan yang justru akan menjadi lebih loyo serta susah dinyalakan atau bahkan mati secara tiba-tiba.



Tak hanya itu, terdapat begitu banyak cairan injector cleaner yang dijual di pasaran. Mulai dari yang bermerek terkenal sampai yang abal-abal sekali pun. Masing-masing dari mereka memiliki rentang harganya tersendiri.

 

 

CAIRAN INJECTOR CLEANER. Formula harus jelas dan tidak merusak mesin.



Namun biasanya, injector cleaner yang dibandrol dengan harga murah cenderung memiliki kandungan zat kimia berupa acetone yang dapat merusak kondisi logam pada kendaraan. Tentu jika penggunaan cairan ini dilakukan secara rutin atau terus menerus, mesin kendaraan Anda justru malah akan mengalami kerusakan.

 




editor : punk, foto : istimewa