REPOSISI MASTER REM DEPAN : Bisa Diajak Main Petak Umpet Lho...

Buat para penggila modifikasi bebek harian keluaran 80-90an, penggantian perangkat pengereman satu paket jelas menu wajib, dari disc brake, kaliper, selang rem, tuas rem berikut master rem dan tabung reservoir-nya.

 

Namun, kadang kala pemasangannya ngasal, dari part yang dipakai tidak sama, tidak cocok atau bahkan dipaksa masuk dalam rumah kedok body, hingga terpaksa mengepras bodinya atau sampai-sampai selangnya tertekuk. 

 

MASTER REM DI TENGAH. Tidak makan tempat, dan bisa tertutup body.



Nah, kalo gak kepingin coak bodi atau takut master rem berikut tabung reservoirnya tidak pas, part ini bisa dikreatifi lho. Caranya, disembunyikan saja di samping rumah setir, atau tepat di bawah leher motor. Trik ini, diinspirasi oleh Nguyen Men asal Vietnam dengan Honda Dream miliknya.

 

Rider asli Hanoi, ini meletakkan posisi master rem depan tadi di samping komstir. Maksudnya, posisi handle atas berikut kedok nantinya lebih rapih, dan pastinya tidak perlu ganti tuas/handle rem. Dan....taraaa.... tidak terlihat tabung minyak atau reservoir yang biasanya nongol di luar body. 

 

MASTER REM DEPAN. Diletakkan di komstir.



Sistem kerja tuas remnya sih model tarik biasa, yang mana master remnya dilengkapi tuas pembalik untuk menekan masternya. Jadi, antara tuas/handle rem disambung kabel, sedangkan dari master tengah tadi, tetap terhubung ke kaliper pakai selang rem biasanya. Sekilas, orang bakal tertipu, karena tuas/handle rem ori, tapi di bawahnya pakai cakram. Mantab kan?



naskah/foto : punk/istimewa