Perawatan Ringan Rem Tromol : Cukup benahi Ungkitan & Pembersihan Nok


Meski trend disc brake kian santer dipakai di produk-produk motor terbaru, penggunaan rem tromol ( drum brake ) tetap tak bisa dikesampingkan.

 

 

Pasalnya, rem ini diklaim lebih 'safety' buat motor jenis tertentu. Namun, seiring pemakaian, sering kali mekanis rem tromol mengalami beragam problem. Paling sering terjadi adalah kampas rem tak bisa bebas, saat pedal rem dilepas. Lalu, bagaimana cara mengatasinya ?

 


   
Pertama, bongkar roda belakang, kemudian lepas panel tromol sebagai dudukan kampas rem. Perhatikan nok pengungkit kampas rem. Sering kali di bagian ini ditumpuki kerak sejenis pasir dan kotoran. Belum lagi vet yang lama dan kemudian mengeras. Inilah pemicu rem keras, kurang pakem atau kadang 'njedug'.

 

 


Maka, sebaiknya dilakukan pembongkaran nok pengungkit. Baru setelah itu bersihkan lubang dudukan nok pengungkit pakai water proof #400, sembari membilasnya dengan bensin. Setelah kering, lapisi dengan vet bagian lubangnya, agar pergerakan nok pengungkit jadi licin. Sebagai finishingnya, silahkan ganti juga return springnya dengan yang baru. Agar, bebasnya kampas rem dapat lebih singkat.  

 

 

naskah/foto : pid