Test Ride Suzuki Nex Crossover, Stabil di Jalur Aspal, Nyaman di Trek Semi Off Road

TEST RIDE SUZUKI NEX CROSSOVER. Stabilitas dan kenyamanan oke buat harian.

Baru saja dirilis oleh PT Suzuki Indomobil Sales beberapa waktu lalu, Ototrend berkesempatan menjajal ketangguhan Suzuki Nex Crossover. Mengambil lokasi di kota wisata Cibubur Jawa Barat, skutik terbaru Suzuki ini pun bisa dirasakan performanya secara langsung.



Diseting sebagai skutik dual-purpose, karena bisa diajak melaju di jalur aspal ataupun non-aspal, Suzuki Nex Crossover ini punya beragam fitur yang mampu dikendarai di medan extreme. Namun, kali ini saya berkesempatan memilih rute tersendiri.

 

SUZUKI NEX CROSSOVER. Varian skutik terbaru dari Suzuki Indomobil Sales.



Mengambil jalan did aerah area Kota Wisata Cibubur yang begitu nyaman, sensasi berkendara pastinya tetap nyaman dengan sentuhan kemudi stang yang di desain lebih tinggi agar mendapatkan posisi yang pas serta tetap safety oleh 2 unit spion yang sangat mudah menjangkau sudut pandang untuk melihat dari arah belakang.


Tidak hanya itu pada sisi stang semakin lengkap oleh spidometer terbaru dengan tampilan digital agar saya bisa mengetahui konsumsi bahan bakar serta jarak tempuh dan kecepatan pada motor Suzuki Nex Crossover. Jadi, untuk pengendaraan jalanan biasa, Nex Crossover sangat ergonomis, dengan posisi kendara yang nyaman.

 

 

POSISI BERKENDARA. Ergonomi sip, dan pengendara bisa dengan mudah melihat display speedo.



Usai mencoba di jalur perumah dengan standar jalanan aspal, saya pun sedikit memasuki jalanan non aspal, yang didominasi tanah dengan kontur naik turun dan gelombang. Nex Crossover dengan desain skutik semi off-road dengan tampilan bodi mungil yang memiliki bodi lancip dan ramping, sangat cocok diajak bermanuver, karena setangnya juga enak digenggam, plus area floorboard yang lapang.



Peredaman suspensi dan roda juga tidak menimbulkan goncangan atau vibrasi berlebihan. Mengingat, sudah dibekali oleh pelek berukuran ring 14 dengan aplikasi ban yang kekar bermodel offroad agar tetap nyaman dan mudah untuk dikendarai di jalan extreme. Serta ground clearance hingga 150mm, terbilang cukup tinggi. So, diajak melibas trek manapun tidak khawatir terjebak atau gasruk.

 

 

MENGUJI DI JALUR NON ASPAL. Enak buat manuver dan tetap nyaman.



Saat membetot gas, raungan SEP (Suzuki Eco Perfomance) berkapasitas 115cc 1 cylinder SOHC, yang dapat menghasilkan tenaga 6,9 kW pada 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm di 6.000 rpm juga responsif. Jika saat diajak ngibrit di jalur aspal dengan kecepatan 90km/jam, stabilitas motor juga kentara, dan ketika direm secara mendadak juga super pakem. Namun, untuk yang biasa menggeber motor berkapasitas di atas 125cc, putaran menengah ke atas mungkin terkesan sedikit kurang nendang.

 

 

JOK. Nyaman diduduki dan lebih kompak.



"Ketika mengetes untuk merasakan langsung ketangguhan motor Suzuki Nex Crossover ini pun pastinya tetap lebih oke untuk jalan di perkotaan, namun untuk semi off road pastinya juga tetap nyaman untuk dikendarai, namun sayangnya tarikan awal pada motor ini sedikit berat, namun saat mendapatkan kecepatan yang pas pastinya dapat melesat kencang," ungkap Masdon, redcrew Otre yang menguji skutik Nex Crossover tersebut.




Suzuki Indonesia sendiri merilis Suzuki Nex Crosscover ini dengan beberapa opsi warna, yakni Stronger Red-Titan Black dan Solid Black. Untuk harganya pun dibanderolnya Rp17,9 jutaan on the road Jakarta.




Foto / Naskah : Masdon