HONDA BEAT - TRENGGALEK : KOREKAN SPESIAL RIDER BONGSOR

TUNER Afik dan Themen makin eksis, keduanya lama malang melintang di dunia road race Jatim. Tapi, urusan jam terbang istimewa. Kalau Themen sering berlaga mengawal tim papan atas di laga road race nasional, demikian Afik sering diundang berlaga di luar pulau.


Terhitung di musim kompetisi 2018, keduanya sepakat mendirikan tim bernama Afik Themen Racing Speed, Campur Darat, Trenggalek yang sepenuhnya diback up oleh Syiyarafy owner tim. Laga kelas skutik tetap menjadi prioritas Afik dan Themen di musim kompetisi 2018. Demikian dengan racikan performa mesinnya, terjadi revisi spesial saat menghadapi kelas skutik tune up s/d 130 cc yang makin ramai di Jatim.



Bore up piston hingga 54,5 mm diaplikasi, tipikal mesin jadi square sebab hampir sebanding dengan stroke yang berada di 55 mm. Torsi jadi lebih terjaga, power produktif jadi bergeser lebih ke bawah di 1500 RPM sampai 7500 RPM. Itu juga atas suport durasi cam shaft yang dijadikan 255 derajat (in - ex). Identik memprioritaskan torsi lebih besar. Lebih lanjut, katup mengaplikasi 28 mm (in) dan 23 mm (ex).

Suplai gas segar juga difokuskan untuk gasingan bawah, dilayani Keihin PE 28 mm. "Semburan gas segar lebih lembut, RPM tinggi jadi ringan dikail, diseting dengan main jet 142 dan pilot jet 40," urai Afik yang mengaplikasi perbandingan kompresi 13,2 : 1.

Jadi nyambung dengan piranti pengapian yang menganut DC totalos yang digawangi CDI BRT dan disuport koil YZ 85. Nah, ada yang menarik di bagian ini, posisi flywheel magnet lebih digeser ke dalam 6 mm, dengan bobot standar. Gasingan tengah atas, ringan menghela mekanis daleman CVT sebagai media konversi speednya.

Pada bagian CVT, Afiki dan Themen jagonya, sebab banyak data yang dimiliki terkait jam terbangnya saat mengorek skutik. Stoper rel roller dibubut 3,5 mm, lanjut pemotongan bushing primary sheave 3 mm. Saat menjepit drive belt, mampu dikonversi ke diameter lebih besar, setara dengan perbandingan ringan.

Serta disempurnakan pegas movable driven face jenis custom. Nah, racikan ini yang merujuk pada karakter Beat pacuan Rengga Ade ini cenderung berada di RPM tinggi. Wajar toh, itu lantaran bobot Rengga makin bongsor. l pid

SPEK KOREKAN :
KATUP : in 28 mm & ex 23 mm, PISTON : 54,5 mm, KARBU : Keihin PE 28 mm, PEGAS CVT : 2000 rpm, PEGAS MOVABLE DRIVEN FACE : Custom, CDI : BRT, KOIL : YZ 85.